Presiden Resmikan Jembatan Teluk Kendari sebagai Landmark Baru Kota Kendari

22 / 10 / 2020 - in Berita

Jembatan Teluk Kendari

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Teluk Kendari dalam rangka kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) hari ini, 22 Oktober 2020. Jembatan dengan bentang panjang 1,34 kilometer (km) serta lebar 20 meter ini dibangun selama lima tahun (2015-2020), dan menelan biaya mencapai Rp 804 miliar.

“Jembatan sepanjang 1,34 kilometer kini terbentang di atas Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara dan menjadi ikon baru Kota Kendari. Jembatan Teluk Kendari memangkas waktu tempuh perjalanan, mengintegrasikan kawasan pertanian dan industri setempat, dan menjadi kebanggaan masyarakat,” kata Presiden Jokowi melalui akun Twitter resminya @jokowi‬, Kamis (22/10).

Jembatan Teluk Kendari menghubungkan kawasan pelabuhan Kota Lama dengan Pulau Bungkutoko yang akan dikembangkan menjadi kawasan industri Kendari New Port dan kawasan permukiman baru. Kawasan pelabuhan baru tersebut merupakan pengganti dari kawasan pelabuhan di Kota Lama.

“Kelancaran konektivitas dan akses ini akan membuat mobilitas barang, mobilitas jasa, mobilitas manusia akan menjadi semakin efisien. Dengan demikian, daya saing akan semakin meningkat, sehingga Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari menjadi semakin menarik untuk pengembangan usaha-usaha baru,” ujar Presiden.

Keberadaan jembatan ini pun mengurangi waktu tempuh secara signifikan. Sebelumnya diperlukan waktu 30-40 menit dari Kota Lama ke Poasia atau sebaliknya, dengan menggunakan feri dan memutari teluk sejauh 20 km. Sedangkan waktu tempuh melalui Jembatan Teluk Kendari hanya butuh lima menit.

Selain memberikan manfaat, Presiden meyakini keberadaan jembatan yang dinilainya menarik dari sisi arsitektur ini akan mempercantik lanskap Kota Kendari, dan menjadi kebanggaan masyarakat setempat. “Mempercantik lanskap Kota Kendari, menjadi ikon baru, dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Kendari, dan tentu saja membuat Kota Kendari lebih dikenal karena memiliki landmark yang baru,” ujarnya.

 

Editor: Antonius
Foto: Setkab & Twitter @jokowi

 



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix