Presiden Jokowi Meresmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

21 / 01 / 2018 - in Berita

Presiden Jokowi

Bagian dari Tol Trans Sumatera, yakni ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Provinsi Lampung, resmi beroperasi. Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Bakauheni Selatan yang berjarak sekitar 4 km dari Pelabuhan Bakauheni, Minggu (21/Jan).

Ruas Bakaheuni-Terbanggi Besar paket satu (Bakauheni-Sidomulyo) yaitu segmen Pelabuhan Bakauheni-simpang susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 km, serta paket dua (Sidomulyo-Kotabaru) yakni segmen SS Lematang-SS Kotabaru sepanjang 5,6 km merupakan salah satu dari 24 ruas Tol Trans Sumatera.

“Saya resmikan jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni sampai simpang susun Bakauheni, dan segmen simpang susun Lematang sampai simpang susun Kotabaru,” kata Presiden Jokowi saat peresmian.

Selanjutnya ruas tersebut dapat dilalui tanpa dipungut tarif sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat. Terlebih jalan tol yang dikembangkan oleh PT Hutama Karya melalui penugasan dari pemerintah dan ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN) ini, merupakan yang pertama beroperasi di Lampung.

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur sangat fundamental bagi Indonesia agar dapat bersaing dengan negara-negara lain. “Ketersediaan infrastruktur di Indonesia masih kecil dibandingkan yang dimiliki negara-negara tetangga baik jalan, pelabuhan, airport dan pembangkit listrik sehingga menjadi fokus pembangunan nasional,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi

“Kenapa ini segera kita resmikan. Saya ingin mendorong agar dari Bakauheni sampai Palembang bisa diselesaikan sebelum Asian Games itu berjalan. Memang masih panjang sekali, saya tahu masih ada masalah kecil-kecil, pembebasan lahan yang harus diselesaikan,” kata Jokowi.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan total panjang 140,9 km progres konstruksinya sudah mencapai 65,65 persen dan progres pembebasan lahannya sudah 95,2 persen. “Untuk Bakauheni-Terbanggi besar saya optimis dapat terhubung Juli 2018. Kita dorong untuk terus ke Kayu Agung hingga ke Palembang juga bisa segera selesai,” kata Menteri Basuki.

Sementara itu Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ menjelaskan, untuk ruas Tol Kayu Agung-Palembang progres pembebasan lahan hingga saat ini sudah di atas 90 persen, sementara dari Terbanggi Besar ke Kayu Agung lahannya sudah bebas di atas 60 persen.

Pembangunan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sendiri terbagi dalam 4 paket yakni paket satu Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,40 km dengan kontraktor PT PP (Persero) Tbk., paket dua Sidomulyo-Kotabaru sepanjang 40,6 km dengan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk., paket tiga Kotabaru-Metro sepanjang 29 km dikerjakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., dan paket empat Metro-Terbanggi Besar sepanjang 31,93 km dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Dari sisi pembiayaan, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi sekitar Rp 16,8 triliun yang dipenuhi dari porsi modal atau ekuitas sebesar 52 persen dan 48 persen melalui skema pinjaman perbankan. Pemenuhan ekuitas dilakukan melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) pada tahun 2015-2016 sebesar Rp 2,2 triliun dan melalui penerbitan obligasi PT Hutama Karya secara bertahap sebesar Rp 6,5 triliun.

Sedangkan untuk skema pinjaman perbankan, pada 27 Desember 2017 lalu PT Hutama Karya telah menerima pinjaman dari sindikasi perbankan sekitar Rp 8 triliun. Selain itu, PT Sarana Multi Infrastruktur juga akan menyediakan stand-by loan untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan kewajibannya apabila terjadi defisit cash flow selama masa operasi tol.

Presiden Jokowi

Usai peresmian, Presiden Jokowi menjajal Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan menumpangi truk medium-duty Hino 500 series sebagai simbol bahwa tol tersebut sebagai jalur logistik nasional yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera, serta dalam rangka pengembangan kawasan berbasis hilirisasi komoditas pertanian yang sangat potensial di Provinsi Lampung.

 

Editor: Antonius
Foto: Kemen PUPR



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix