Presiden Joko Widodo Meresmikan Jalan Tol Pertama Ibu Kota Negara Baru

17 / 12 / 2019 - in Berita

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi Samboja-Samarinda pada hari ini (17/12) di Gerbang Tol (GT) Samboja. Dalam peresmian ini Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini akan memangkas perjalanan yang sebelumnya tiga jam menjadi satu jam. “Yang biasanya dari Balikpapan-Samarinda memakan waktu kurang lebih 3 jam, 6 jam pulang-pergi. Bila menggunakan jalan tol Balikpapan-Samarinda ini, paling 1 jam, atau 1 1/4 jam. Dengan ini maka kecepatan dan efisiensi bisa kita dapatkan,” Ujarnya

Jokowi juga menjelaskan bahwa Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki panjang total 99,30 Km yang terdiri dari lima seksi. “Sementara ini yang baru diresmikan adalah tiga seksi yaitu Seksi Samboja-Samarinda sepanjang 58,7 km dari total 99,3 km. Jadi masih kurang 2 seksi lagi. Tapi tadi saya sempat tanya Dirut Jasa Marga, InsyaAllah semuanya selesai dan tersambung April 2020, empat bulan lagi,” tambahnya.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa dengan adanya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda maka akan memperlancar konektivitas dua kota kegiatan ekonomi bisnis Balikpapan dan Samarinda yang saling melengkapi, pengembangan kawasan industri, serta mempercepat akses masuk ke kawasan inti wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) S.T.H Saragi mengatakan masyarakat dapat segera menggunakan jalan tol ini dalam waktu dekat. “Jalan tol ini segera beroperasi untuk mendukung pelayanan mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Setelah beroperasi nanti, kami imbau masyarakat untuk menyiapkan uang elektronik untuk melakukan transaksi di gerbang tol,” ujar Saragi.

Jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,350 Km terdiri dari 5 seksi, yaitu Seksi V ruas Balikpapan (Km 13) – Sepinggan (11,500 Km), Seksi I ruas Balikpapan (Km 13) – Samboja (22,025 Km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,975 Km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,300 Km) dan Seksi IV Palaran – Samarinda (17,550 Km).

Editor : Sigit A

Foto : Jasa Marga



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix