Presiden Ajak Pengusaha Manfaatkan Peluang dari Perang Dagang AS-China

12 / 06 / 2019 - in News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), untuk melihat adanya peluang yang muncul dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Presiden mengajak para pengusaha untuk tidak melihat adanya masalah besar dari terjadinya perang dagang tersebut.

Presiden Jokowi mengatakan, setelah pemilu selesai yang kini masih dilanjutkan dalam proses di Mahkamah Konstitusi (MK), maka pemerintah berharap bisa fokus dan kembali berkonsentrasi lagi pada urusan-urusan ekonomi.

“Menurut saya ada sebuah peluang, ada sebuah opportunity yang bisa kita ambil dari ramainya perang dagang ini. Dan saya melihat bapak, ibu dan saudara-saudara semuanya berada pada garis yang paling depan dalam memanfaatkan peluang ini,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Presiden mencontohkan di AS yang sebelumnya dimasuki produk-produk dari China, selanjutnya bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk memperbesar kapasitas sehingga produk-produk Indonesia bisa masuk ke sana. Kepala Negara juga menunjuk produk tekstil misalnya. Garmen yang dulunya diisi produk-produk dari China, sekarang bisa diisi oleh produk dalam negeri karena sedang ramai isu perang dagang AS-China.

“Dengan produk elektronik misalnya atau produk furnitur yang saya tahu itu lebih dari 50 persen, itu semuanya dari Tiongkok, kenapa enggak diisi dari kita,” ucap Presiden. Peluang-peluang seperti ini, lanjut Presiden, secara detail harus dilihat dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan ekspor.

Sementara itu, para pengusaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia dan HIPMI berharap, setelah Pemilu semuanya kembali tertib, damai, dan tidak ada yang anarkis. “Soalnya itu  modal utama lah. Kedamaian, ketertiban, keamanan, tidak ada suatu yang sifatnya anarkis itu tidak ada, itu modal utama untuk ekonomi bisa berjalan,” kata Rosan P. Roeslani, Ketua Umum Kadin Indonesia.

Rosan juga mengapresiasi hasil Pemilu yang diharapkan dapat menciptakan hal positif karena konsistensi dari kebijakan-kebijakan yang ada. “Karena ini pemerintahan yang berkelanjutan jadi itu menambahkan kenyamanan. Kemudian rating agency juga menaikkan rating kita yang tadinya B- menjadi BBB. Momentum itu sudah dibangun, sekarang adalah ini kita coba dorong supaya lebih cepat lagi,” ujarnya.

 

Editor: Antonius
Foto: Setkab RI



Related Articles

Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix