Predictive Powertrain Control di New Arocs Berkontribusi Turunkan Konsumsi BBM

23 / 10 / 2020 - in Berita, Info Produk

Mercedes-Benz Arocs sekarang juga mendapatkan sentuhan fitur canggih untuk kendali jelajah dan transmisi cerdas, yaitu Predictive Powertrain Control (PPC). PPC juga berfungsi untuk menemukan lokasi tujuan secara mudah untuk pengangkutan antarkota, terutama yang sering melewati jalan pedesaan.

PPC generasi baru ini selain menggunakan sistem penentuan posisi berbasis GPS juga dilengkapi peta jalan digital yang memuat data topografi, tikungan jalan, geometri persimpangan dan bundaran, serta rambu lalu lintas. PPC juga diklaim berkontribusi pada kemajuan besar dalam penurunan konsumsi bahan bakar.

Pasalnya, teknologi PPC generasi terbaru di New Arocs ini tidak hanya selalu dapat menemukan tingkat persneling yang tepat dan kecepatan yang sesuai ketika berkendara menanjak dan menurun, tetapi juga saat menavigasi jalan yang berkelok-kelok antara satu kota ke kota lainnya. Inilah yang membuatnya sangat hemat bahan bakar dan senyaman berkendara dengan sedan.

Penghematan bahan bakar menjadi lebih baik berkat aerodinamika yang dioptimalkan dari rumah MirrorCam yang ramping, yang dipasang di sisi rangka atap kabin. Fitur New Arocs ini menggantikan kaca spion konvensional dan kaca spion sudut lebar. Sistem opsionalnya terdiri dari dua kamera yang diarahkan ke bagian belakang, yang gambarnya muncul pada dua layar 15 inci besar di pilar A kabin. Arocs adalah truk konstruksi pertama yang menyertakan sistem ini.

Pengalaman bersama New Arocs telah dibuktikan langsung oleh para profesional di bidang transportasi logistik. Salah satunya adalah Felix Amann, seorang pengemudi dari Meichle + Mohr yang berkesempatan untuk mengemudikan truk heavy-duty ini di jalur pedesaan sekitar Danau Konstanz, Jerman yang berbatasan dengan Swiss dan Austria. Meichle + Mohr sendiri adalah perusahaan pemasok bahan baku sekaligus penyedia layanan logistik di regional di Jerman.

“Berkat Predictive Powertrain Control yang baru, saya sekarang juga dapat berkendara dengan lebih nyaman menggunakan cruise control,” kata Roland Maier, Manajer Armada Meichle + Mohr. Ia menambahkan, pengemudi yang sangat terampil dengan pengetahuan yang sangat baik tentang rute juga tidak akan dapat mencapai tingkat konsumsi bahan bakar dalam lalu lintas antarkota.

Berdasar informasi pers yang dirilis Daimler Truck AG, saat pengetesan di jalan raya, Arocs diklaim lebih hemat bahan bakar hingga lima persen dibandingkan model tanpa fitur kendali jelajah dan transmisi cerdas ini. Saat ini PPC juga tersedia untuk truk heavy-duty dengan GVW hingga 120 ton, kendaraan all-wheel drive, dan model Hydraulic Auxiliary Drive (HAD) atau kopling fluida, kecuali untuk tipe mixer semen.

 

Editor: Antonius
Foto: Daimler Truck AG

 

 



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix