Pilih Boks Trailer Aluminium atau Besi?

17 / 09 / 2021 - in Tips & Trik

Pilih Boks Trailer Aluminium atau Besi?

Sudah menjadi informasi umum bahwa boks aluminium lebih tahan karat dan korosi, serta lebih ringan dan mudah ditarik oleh tractor head. Faris Wijanarko Kepala Bengkel Lambang Perkasa Gresik mengatakan, “Ada pemilik truk trailer menyebutkan jarak tempuh truk boks yang menggunakan bahan aluminium lebih panjang. Ini merupakan keuntungan pengusaha. Tetapi di sisi lain aluminium adalah investasi yang tidak murah,” katanya.

Secara kontruksi, boks trailer besi diklaim lebih tahan terhadap beban muatan daripada boks trailer aluminium. “Untuk pengusaha transportasi di Indonesia, ini menjadi pilihan sulit, apakah mereka harus membayar lebih untuk trailer aluminium dengan keunggulan yang seharusnya, atau membeli trailer besi yang lebih hemat. Setiap pengusaha punya jawaban berbeda,” tambahnya.

Berikut beberapa fakta boks trailer aluminium dan trailer besi yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan membeli boks trailer.

Daya Tahan terhadap Beban

Pertanyaan besar yang harus dijawab adalah logam mana yang lebih kuat. Mayoritas pengguna boks trailer besi menyatakan bahwa besi memiliki reputasi baik dalam mengatasi masalah beban berat, sedangkan aluminium lebih dikenal penggunaannya sebagai bahan kaleng atau peralatan dapur.

Material aluminium yang digunakan untuk boks trailer pasti berbeda dengan bahan aluminium untuk peralatan dapur. Jadi untuk mendapatkan daya tahan seperti besi, aluminium menggunakan bahan campuran logam lain. Jenis logam lain yang biasa dijadikan bahan campuran adalah tembaga, kromium, dan seng,” jelasnya.

Perawatan Boks Trailer

Kedua jenis trailer membutuhkan perawatan, tetapi masalah terbesar dengan trailer aluminium adalah melumasi engsel dan kait pintu. “Mekanik juga harus memastikan untuk mencuci bagian dalam karena bisa saja ada bekas muatan yang bersifat korosif. Untuk tujuan kosmetik, trailer aluminium harus diberi lapisan asam tiap beberapa tahun untuk membersihkan dan memperbarui eksteriornya,” saran Faris.

Sedangkan untuk trailer besi, harus sering diperiksa untuk mencegah munculnya karat. Setiap goresan pada cat atau besi, ini adalah gejala awal oksidasi. Jika besi galvanis, mekanik perlu memeriksa lebih sering. Untuk bagian sambungan perlu dipastikan kondisi las dan baut pengencang. Lapisan galvanis perlu dikelupas jika ada perbaikan menggunakan alat las, paku keling, dan sekrup.

Kebutuhan yang konstan untuk memelihara lapisan cat dan lapisan galvanis membuat perbaikan trailer besi lebih mahal, tanpa dibarengi inspeksi visual yang rutin. Memang perbaikan trailer besi biasanya lebih mahal daripada perbaikan trailer aluminium karena karoseri harus mengecatnya untuk mencegah karat. “Prosesnya seperti ini, lapisan galvanis harus dihilangkan dulu dari lapisan sengnya sebelum dilas. Perbaikan dilakukan pada area itu. Lalu, lapisan seng diaplikasi galvanis kembali setelah perbaikan, dan terakhir area yang dicat baru,” terangnya.

Distribusi Muatan

Mungkin sampai saat ini, trailer aluminium masih dianggap membutuhkan lebih sedikit perawatan, tahan karat, dan korosi. Tetapi bagaimana perbandingan trailer besi dan aluminium di jalan? Pemilik trailer aluminium mengatakan bahwa mereka mendapatkan keuntungan dalam hal bobot trailer. Mereka juga mengatakan bisa mendapatkan muatan yang sedikit lebih banyak dengan trailer aluminium.

Berat yang lebih ringan daripada trailer besi juga diterjemahkan menjadi kapasitas muatan yang lebih tinggi, yang berarti transporter dapat memuat lebih banyak barang sebelum mencapai jumlah berat maksimum sesuai aturan. Hasilnya, dengan perhitungan BBM dalam sekali angkut ada nilai tambah dari penggunaan trailer aluminium.

Jaminan dan Resale

Fakta bahwa besi yang berkarat menimbulkan masalah saat dijual kembali. Trailer besi yang berumur beberapa tahun jika tidak dirawat dengan benar akan muncul karat yang sulit ditutupi atau dibersihkan. Trailer besi yang lebih tua bisa rusak parah dan parahnya bisa memengaruhi faktor keamanan.

Di sisi lain, pemilik trailer aluminium dapat menjaga trailer tetap seperti baru selama beberapa tahun hanya dengan pemeliharaan rutin. Dalam hal tampilan visual, pemilik dapat mengembalikan eksterior trailer mereka dengan cairan asam yang membuat trailer berkilau alami. Ini adalah alasan trailer aluminium punya harga jual kembali yang lebih tinggi daripada trailer besi,” kata Faris.

Dengan usia pakai yang lebih lama, trailer aluminium memiliki jaminan yang lebih baik. Karoseri trailer aluminium pasti menawarkan jaminan yang lebih lama daripada trailer besi. Hal ini menjadikan trailer aluminium adalah investasi dengan risiko yang lebih rendah.

Mitos Boks Trailer Aluminium

Trailer aluminium memiliki beberapa keunggulan dibandingkan trailer besi. Namun, ada beberapa mitos yang beredar mengenai trailer aluminium. Berikut adalah beberapa mitos populer tentang trailer aluminium.

  1. Aluminium hanya sepertiga kekuatan besi, jadi tiga kali lebih banyak aluminium harus digunakan untuk mendapatkan kekuatan yang sama dari rangka besi. Ini akan menjadi mitos yang ampuh jika sebuah trailer dibuat dari aluminium murni. Namun, campuran logam lain yang digunakan untuk membuat trailer aluminium jauh lebih kuat dari aluminium murni. Karoseri trailer bukan satu-satunya yang percaya hal ini. Pabrikan mobil dan pesawat terbang telah mengganti besi dengan aluminium, dan sebagian besar struktur pesawat komersial dibuat dari logam campuran aluminium.

  2. Besi lebih mudah diperbaiki daripada aluminium. Mungkin dulu hal ini benar, sebelum aluminium menjadi populer. Sekarang ada banyak tukang las yang terbiasa dengan las aluminium. Teknik pengelasan aluminium sekarang sudah familiar dan hampir setiap tukang las tahu cara menangani aluminium. Sehingga biaya untuk pengelasan trailer aluminium sebanding dengan biaya pengelasan trailer besi.

  3. Aluminium lebih mudah tertekan atau bengkok daripada trailer besi. Jika aluminium adalah bahan bangunan yang tidak kokoh, mengapa nilai jualnya secara konsisten lebih tinggi daripada besi? Banyak pemilik trailer yang sekarang mengunakan material paduan besi dan kira-kira 85 persen lebih alumunium. Selain hemat pemeliharaan, beban muatan juga bisa dimaksimalkan.

  4. Mungkin masih banyak orang percaya besi lebih kuat daripada aluminium dalam beberapa hal. Ini didasarkan pada proses perakitan kendaraan. Misalnya, perlu lebih banyak kekuatan yang harus diterapkan pada besi sebelum akhirnya menekuk. Namun, aluminium lebih elastis tiga kali lipat daripada besi, yang berarti aluminium lebih mungkin untuk kembali ke bentuk aslinya setelah bengkok. Besi mungkin akan tetap bengkok. Besi juga ada titik lentur pada tingkat stres yang lebih rendah daripada aluminium. Hal yang perlu diingat kekakuan besi membuatnya lebih rentan terhadap retak karena rapuh. Dari sifat kekakuan logam terbukti bahwa trailer aluminium mengurangi beban kejut saat berada di jalan bergelombang. Ini yang memberi keamanan pada muatan.

  5. Trailer aluminium pun masih ada bagian yang terbuat dari besi, sehingga besi lebih unggul. Karoseri trailer tetap akan menggunakan besi di area tertentu, seperti as roda trailer. Namun, itu bukan karena besi lebih baik daripada aluminium. Disini artinya karoseri mencoba untuk mendapatkan yang terbaik dari kedua logam dengan menciptakan kerangka besi dan lembaran aluminium. Secara teori, rangka besi membuat trailer lebih kuat dan lembaran aluminium membuat trailer tahan karat. Sehingga karoseri sudah memahami area mana saja dari konstruksi kendaraan yang memerlukan kekakuan besi dan kelenturan aluminium untuk mendapatkan trailer yang kokoh dan awet.

Aluminium adalah bahan manufaktur yang unggul untuk trailer. Trailer besi mungkin terasa hemat pada awalnya, tetapi setelah dipakai tanpa ada perawatan yang benar bisa berkarat. Trailer besi bisa lebih murah daripada trailer aluminium, tetapi sebagai pengusaha transportasi perlu memperhitungkan investasi masa depan. Pengecatan, anti korosi, dan biaya perawatan umum akan muncul di depan. Ini tergantung pada skenario penggunaan dan perawatan pemilik.

Editor : Sigit



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix