Petunjuk Pelumasan Perangkat Truk Mixer

30 / 12 / 2015 - in Ask The Expert
Petunjuk Pelumasan Perangkat Truk Mixer

Pelumasan yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja yang baik dari unit mixer, menjadikannya awet dan berumur panjang serta menghindari kerusakan. Sebagai bagian dari perawatan. Pelumasan merupakan bentuk antisipasi masalah untuk setiap komponen hidrolik dan minyak harus dipilih dengan sangat hati-hati. Kualitas dan kebersihan dari cairan hidrolik adalah faktor yang menentukan untuk kehandalan operasional, efisiensi dan umur dari sistem.

Oli hidrolik harus dipilih dan digunakan sesuai dengan standar teknologi dan keselamatan. Berikut petunjuk praktis yang disampaikan Justinus Ade Sanjaya, Sales Operation Manager PT Kyokuto Indomobil Distributor Indonesia mengenai prosedur penggantian oli hidrolik dari perangkat truk mixer

(1) Buka tutup pengisian oli hidrolik pada tanki oli yang berada diatas radiator dan buka sumbatan lubang yang ada dibawah radiator. .

(2) Lepaskan elemen filter dari unit filter dan buang oli yang ada di elemen filter. Sedikit oli mungkin akan terbuang selama proses diatas. Saran penggantian elemen filter adalah 500 jam untuk penggantian pertama dan setiap 2000 jam untuk penggantian kedua dan seterusnya atau sekitar sekali setahun.

(3) Pasang sumbat pada posisi semula dibawah radiator dan isi oli baru sampai mencapai ketinggian / level yang cukup.

(4) Gerakkan tuas kontrol pada posisi “Stop” dan nyalakan mesin pada posisi stasioner (idle). Gerakkan tuas kontrol ke kiri dan ke kanan selama 2 ~ 3 menit dan biarkan drum berputar stasioner agar pompa hidrolik, motor dan jalur pipa dipenuhi oleh oli hidrolik.

(5) Setelah pengoperasian diatas, cek kembali posisi oli hidrolik dalam tanki. Jika ternyata masih kurang, isi kembali sampai batas maksimal. Untuk kesempurnaan kerja sistem dan peralatan, jangan gunakan oli dengan merk yang berbeda-beda.

Penggantian Pelumas pada roda gigi reduksi truk mixer :

a) Buka sumbat lubang pembuangan oli dan buanglah semua oli roda gigi yang ada. Buka sumbat dari lubang pengisian untuk proses pengisian.

b) Isi pelumas roda gigi melalui lubang pengisian sampai tanda yang telah ditentukan pada indikator level oli..

c) Lapisi bagian ulir pada sumbat dengan “seal tape” dan kemudian pasang pada sumbat dan kencangkan.

d) Jika pelumas diisi terlalu banyak melewati posisi “ OK ” , tekanan pada oli gear box akan menjadi berlebihan dan berpotensi menimbulk an kebocoran. Sebalikannya, jika level oli kurang, akan mengakibatkan pelumasan tidak berjalan sempurna dan dapat menimbulkan kerusakan roda gigi . Untuk penggantian atau penambahan minyak pelumas pada roda gigi reduksi perlu memperhatikan tanda yang tertera pada oil level mark.

Teks : Sigit A

Foto : Dokumen PT Kyokuto Indomobil Distributor Indonesia

Pengecekan sistem kontrol pada truk mixer

Pengecekan sistem kontrol pada truk mixer



Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix