Periksa Kekencangan Baut, Suspensi Aman

01 / 03 / 2017 - in Ask The Expert
IMG_9820 e

Sekali lagi, faktor yang menentukan keamanan axle dan suspensi adalah U-bolt. U-bolt perlu dikencangkan dengan torsi yang benar. Dan jika ada penggantian, penting untuk memperhatikan spesifikasi yang benar. “Bentuk u-bolt harus sesuai dengan kontur as roda dan cukup kuat untuk menahan suspensi terinstal disitu. Ulir permukaan u-bolt memiliki kualitas yang baik, dan memungkinkan torsi pengencangan untuk menjepit axle dengan kuat” jelas Asikin, Service Advisor Indomobil Prima Niaga Jemursari.

Menggunakan mur pengencangan untuk memperoleh kekuatan menjepit yang cukup bisa mempertahankan posisi suspensi dan axle dengan sempurna. Seperti halnya bentuk maintenance lain dari body karoseri, mur untuk u-bolt di area suspensi harus dikencangkan dengan urutan tertentu dan torsi yang tepat, dan itu semua dilakukan secara bertahap. Asikin berharap mekanik memahami bahwa :

  • Mempertahankan torsi yang tepat setiap saat adalah kunci aman sebuah suspensi
  • Pengencangan U-bolt yang berlebihan bisa merusak komponen itu sendiri.
  • Pengencangan U-bolt yang kurang dapat juga menyebabkan kerusakan pada komponen. Karena membiarkan u-bolt yang longgar sama halnya membiarkan suspensi dalam posisi tidak aman.
  • Untuk mencapai kekencangan U-bolt yang sama, mur harus diperketat dalam pola silang secara bertahap. Urutan pengencangan memastikan bahwa distribusi kekuatan akan dicapai dengan sempurna.

Banyak masalah umum terkait U-bolt yang dapat dihindari berikut tips yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah umum terkait komponen u-bolt pada suspensi.

  • Jangan menggunakan u-bolt bekas. Hindari penggunaa u-bolt yang sudah berkarat dan ulir yang rusak dari instalasi sebelumnya. U-bolt bekas mungkin sudah mengalami stres yang berlebihan sejak pengencangan pertama kali sehingga sulit sekali untuk mencapai torsi yang akurat.
  • Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari U-bolt adalah untuk mempertahankan kekuatan menjepit antara dua komponen. Hampir semua masalah pada suspensi daun disebabkan pada kemampuan U-bolt dalam menjepit. Periksa tanda-tanda visual. Getaran pada area u-bolt mengindikasi adalanya baut yang longgar. Jika ulir sudah rusak segera ganti.

 

Kencangkan kembali U-bolt setelah penggunaan antaran 500 sampai 1.000 km. Perubahan musim dan kondisi jalan dapat menyebabkan penurunan kemampuan u-bolt kekuatan dalam menjepit. Dan pengencangan harus dilakukan saat truk tanpa muatan.

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V



Sponsors

TruckMagz Konstruksi Indonesia

TruckMagz Transport, Logistics & Maritime

GIIAS TruckMagz 2017