Perdana, APP B3 Sosialisasi Sistem Manajemen Keselamatan di Petrokimia Gresik

10 / 01 / 2019 - in News
Sistem Manajemen Keselamatan

Petrokima Gresik, Dishub Jatim dan Asosiasi Pengangkut dan Pengelola Limbah B3(APPB3) mengadakan Sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 85 Tahun 2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum di Gedung Diklat Petrokimia Gresik hari ini (10/1).

“Ini adalah inisiasi dari para pelaku bisnis dari pelaku angkutan B3 ingin menjadi lebih baik dengan memahami peraturan yang ada. Jatim ini ada pusat aktivitas bagi Indonesia bagian timur. Jatim ini pertumbuhan ekonomi 5.5% jauh diatas pertumbuhan ekonomi nasional 5.06%. Perdagangan surplus Rp 58 triliyun di semester pertama tahun 2018. Ini perlu kami sampaikan karena menjadi indikator utama bahwa pertumbuhan ekonomi bergerak cepat. Ini membawa dampak pembangunan pabrik atau perusahaan baru. Yang konsekuensinya akan bertambahnya angkutan atau limbah industri,” Ungkap Sherlita Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jatim dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Perhubungan Jatim.

Sherlita melanjutkan “Pengamanan dari limbah B3 ini sangat penting. Ini upaya bagi kita semua untuk mulai peduli. Dari data dinas lingkungan hidup ada potensi limbah B3 136 juta ton di Jatim. Sampai akhir tahun 2018 sudah ada 43 ijin perusahaan pemanfaatan limbah, dan 541 perusahaan untuk pengangkutan limbah B3. Sehingga semua tenaga kerja yang berhubungan dengan itu harus mendapatkan sertifikat. Termasuk disini untuk pengemudi angkutan B3. Sehingga bisa bekerja sama dengan asosiasi B3. Pengemudi angkutan B3 ini memiliki tanggung jawab lebih dibanding pengemudi yang lain. Karena jika ada masalah di jalan, pengemudi harus mampu mengatasi masalah tanpa memperbesar dampak. Kami menyambut baik sosialisasi ini. Kami berharap ini bukan pertama dan terakhir, tapi akan ada pertemuan lainnya. Kami berharap bisa mendapatkan manfaat dan SMK bisa diterapkan menjadi lebih baik,” Tambahnya

Dukungan sosialisasi SMK juga disampaikan Hanura Kelana Irianto Kepala BPTD Wilayah XI Jatim. “Kami sampaikan terima kasih kepada petrokimia gresik. Tujuan sosialisasi ini adalah meningkatkan pemahaman kita semua mengenai keselamatan. Narasumber akan memberikan penjelasan mengenai SMK kepada kepala fleet disni. Mari kita sama-sama untuk mengaplikasikan di lapangan. Tentu sosialisasi ini akan memberikan manfaat bagi kita. Salah satunya menekan pelanggaran ODOL. Karena ini adalah tanggung jawab kita bersama, baik pengusaha angkutan, pengemudi, pelaku industri dan semua di dalam sistem transportasi. Kita akan sama-sama mendeklarasikan untuk menekan pelanggaran yang ada selama ini. Banyak sekali pelanggaran di dalam angkutan barang. Ada regulasi tetapi tidak ada niatan akan percuma saja. Karena keselamatan adalah no satu, “ tegas nya.

Selaku penyelenggara, Ketua Umum APP B3/LB3 Sankrib merasa senang dan terharu atas peserta yang hadir di acara ini. Sosialisasi SMK PM 85 2018 ini pertama kali di Jatim, mewakili operator swasta dan merupakan satu bentuk itikad baik. Karena mulai 1 Januari 2019 setiap pengurusan perijinan operasional penyelenggaraan angkutan B3 harus melampirkan bukti pelatihan awak pengangkutan yaitu pengemudi dan pengawas sebanyak 50 persen dari armada untuk pengemudi dan minimal 2 orang untuk pengawas,” jelas Sankrib

Teks : Sigit A

Foto : Giovanni V

 



Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix