Peran Kereta Api di Sektor Logistik Masih Rendah

28 / 02 / 2017 - in News

Kereta Api Logistik

Berdasarkan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Perkeretaapian tahun 2014-2019, pangsa pasar kereta api untuk angkutan barang angkanya hanya 0,67% dari total angkutan barang nasional. Di mana untuk angkutan barang didominasi oleh angkutan jalan (truk) sebesar 91,25% dan angkutan moda lainnya dengan porsi 8,06%.

Terkait biaya distribusi, merujuk penelitian Rodrigue and Comtois (2006) menyebutkan angkutan jalan paling rendah biayanya untuk jarak sampai dengan 500 km, untuk kereta api antara 500 km sampai 700 km dan angkutan laut untuk jarak lebih dari 700 km adalah paling rendah biayanya.

Masih rendahnya peran kereta api dalam sistem logistik nasional menyebabkan inefisiensi, misalnya masih banyaknya truk di jalan dapat mengakibatkan kerusakan jalan, kemacetan, polusi akibat gas buang dan kecelakaan lalu lintas. Menurut Kuncoro Wibowo, Direktur Komersial dan IT, PT Kereta Api Indonesia, salah satu penyebab rendahnya penggunaan kereta api yaitu terdapat perlakuan yang berbeda antara kereta api ketimbang truk.

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 80 Tahun 2012 Pasal 3 Ayat 4, bahwa angkutan kereta api dengan charter, tidak termasuk daam jasa angkutan yang tidak dikenai pajak pertambahan nilai. Dalam hal ini angkutan kereta api dengan charter akan dikenakan PPN, sedangkan untuk truk bebas PPN. Dampaknya tarif jasa angkutan kereta api tidak dapat bersaing dengan jasa angkutan truk.

“Kondisi ini sangat bertolak belakang dengan peluang peningkatan kapasitas angkutan menggunakan kereta api pada masa mendatang. Di mana Kementerian Perhubungan akan melakukan penambahan dan pengembangan kapasitas lintas melalui jalur ganda dan pembangunan Trans Sulawesi serta Trans Sumatera,” kata Kuncoro saat ditemui di acara focus group discussion bertema Peningkatan Peran Kereta Api dalam Angkutan Barang, Stasiun Tg. Priok, Jakarta Utara (28/Feb).

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Pebri



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix