Penjualan Lahan Industri Jadi Siasat AKR Corporindo Selamatkan Kinerja

29 / 07 / 2020 - in Berita

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) memperkirakan kinerja perseroan pada paruh kedua tahun ini juga akan terbantu dengan diversifikasi usaha melalui penjualan lahan di kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate atau JIIPE di Gresik. Perseroan saat ini tengah menjajaki dengan calon pembeli lahan baru dan berharap permintaan lahan akan tetap tinggi pada semester II/2020.

Apalagi, mengingat sepanjang paruh pertama tahun ini kinerja penjualan lahan industri naik signifikan 2.199 persen ke Rp2401 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Adapun, eminten berkode saham AKRA ini membukukan pertumbuhan pendapatan 2,9 persen pada sementer I/2020 menjadi sebesar Rp10 triliun, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp9,7 triliun.

Suresh Vembu, Direktur Utama AKR Corporindo dalam siaram pers (27/7) menyebutkan, perseroan juga tercatat menekan beberapa pos beban salah satunya beban penjuaan menjadi hanya sebesar Rp29 miliar dibandingkan dengan semester I/2019 sebesar Rp35,7 miliar.

Dengan demikian perseroan berhasil membukukan pertumbuhan laba yang dapat diatribusikan kepada entitas induk sebesar 10 persen menjadi Rp431,5 miliar dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebesar Rp390,7 miliar.Padahal, harga minyak global sepanjang paru pertama tahun ini telah turun 32,4 persen dan sempat diperdagangkan di area minus.

Sebelumnya, perseoran meyakini kinerja keuangan AKRA semaking moncer seiring dengan kenaikan alokasi penyaluran bahan nabati atau fatty acid methyl ester (FAME) untuk pencampuran biodiesel. “Kenaikan alokasi FAME itu akan membantu perseroan mengimbangi potensi penurunan kinerja di beberapa pos,” kata Vembu.

Teks: Abdul

Foto: JIIPE Gresik



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix