Penggunaan AC Secara Tak Langsung Berhubungan dengan Keselamatan

06 / 05 / 2021 - in Berita

Faktor tenaga serta daya tahan menjadi hal terpenting ketika memilih truk untuk bisnis angkutan barang. Tapi belakangan, faktor kenyamanan seperti penggunaan air conditioning (AC) mulai menjadi pertimbangan para pemilik usaha trucking di Indonesia.

Sebenarnya komponen AC di kabin truk sudah lazim digunakan di negara-negara maju, karena hal ini juga berkaitan dengan aspek safety bagi pengemudi truk. “Sering kita jumpai truk yang jendelanya terbuka saat beroperasi. Bisa dipastikan di dalam kabinnya tanpa AC. Padahal penggunaan AC secara tidak langsung juga berhubungan dengan keselamatan,” kata Catur Wibowo, Defensive Driving Trainer dari ORD Training Center.

AC memang bukan fitur yang berhubungan langsung dengan keselamatan, seperti halnya rem atau safety belt. Namun ada satu ilmu defensive driving yang menganjurkan untuk membuat nyaman dalam kendaraan, salah satunya menggunakan AC.

Salah satu brand truk yang telah melengkapi fitur AC di seluruh produknya adalah UD Trucks dengan varian Quester. Menurut pernyataan resmi PT UD Astra Motor Indonesia selaku agen pemegang merek UD Trucks di Indonesia, kenyamanan pengemudi tetap terjaga tanpa harus membuka kaca di tengah kemacetan. Selain mencegah polusi udara dalam kabin, perjalanan tak perlu banyak berhenti karena pengemudi bisa lebih tenang dan nyaman selama berkendara.

 

Editor: Antonius
Foto: Dok. TruckMagz

 



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix