Pengamat Infrastruktur: Tol Serang-Panimbang Percepat Pembangunan KEK Tanjung Lesung

30 / 08 / 2021 - in Berita

Pengamat infrastruktur The Housing and Urban Development (HUD) Institute, Yayat Supriyatna menilai kehadiran Tol Serang-Panimbang yang akan segera dioperasikan bisa mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten.

Dalam hal ini Yayat menekankan bahwa kekuatan terbesar adalah aksesibilitas. Selama ini orang-orang kalau ingin berwisata ke Tanjung Lesung membutuhkan waktu yang lama, mengingat harus melintasi jalan yang cukup panjang dengan kondisi jalan yang kurang optimal.

“Dengan dibangunnya Jalan Tol Serang-Panimbang akan ada dua kawasan yang sangat diuntungkan. Kedua wilayah tersebut yakni Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang,” kata Yayat seperti dikutip Antara, Minggu (29/8).

Menurut Yayat, Tol Serang-Panimbang akan dilengkapi gerbang tol keluar ke Rangkasbitung sehingga akan turut mendorong perekonomian dan kesejahteraan di wilayah Rangkasbitung. “Posisi jalan tol ini dapat memberikan potensi bagi percepatan pembangunan kawasan wilayah,” ujarnya menambahkan.

Tol Serang-Panimbang sendiri melintasi empat kabupaten/kota, yakni Kota Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang. Pembangunannya dilakukan melalui skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Tol ini terdiri dari tiga seksi, yaitu Seksi 1 (26,5 km) menghubungkan Serang-Rangkasbitung, Seksi 2 (24,17 km) menghubungkan Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 (33 km) menghubungkan Cileles-Panimbang. Seksi 1 dan 2 menjadi porsi badan usaha Jalan Tol (BUJT) PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP). Sedangkan Seksi 3 menjadi porsi Pemerintah.

 

Editor: Antonius
Foto: Istimewa



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix