Test Drive

Pengalaman Sehari Menjadi Sopir Isuzu Traga

10 / 05 / 2018 - in News
Isuzu Traga

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), agen pemegang merek kendaraan Isuzu di Tanah Air, mengadakan sesi test drive Isuzu Traga bagi para jurnalis nasional dalam kegiatan Isuzu Traga Media Test Drive yang berlangsung Rabu (9/Mei/2018). Terdiri dari 21 unit Isuzu Traga model pikap, start dilepas langsung oleh jajaran board of director yakni President Director IAMI Ernando Demily, Vice President Director IAMI Keiji Takeda, dan Director Marketing and Aftersales CV IAMI Takuji Kami.

Tepat pukul 08.30 WIB, konvoi Isuzu Traga mulai bergerak menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Dalam perjalanan Isuzu Traga Media Test Drive, panitia mengadakan rekayasa perjalanan untuk menciptakan pengalaman langsung menjadi sopir pikap sesungguhnya. Saat istirahat di rest area km.35 Tol Jagorawi arah Bogor, konvoi dibagi dalam dua tim yang masing-masing tim mendapatkan petunjuk arah mana yang harus dicapai terlebih dahulu, sebelum akhirnya finish di Melrimba Garden di daerah Cisarua Bogor.

TruckMagz.com yang mengendarai pikap Traga kelir merah mendapat petunjuk arah menuju Jalan Roda di Pasar Bogor. Di lokasi yang merupakan pasar tradisional ini masing-masing sopir Traga dan kernetnya mendapat tugas mengangkut beberapa barang kebutuhan pokok seperti beras, mie instan, dan gula. Selesai mengepak barang, rombongan konvoi bergerak ke arah Puncak melewati jalur alternatif yang diarahkan oleh panitia.

Konvoi Traga melewati daerah Tajur, Bogor menuju jalur alternatif Megamendung-Cikopo-Alternatif Cisarua. Pada jalur alternatif ini lah, kesempatan berharga untuk menjajal langsung kemampuan Traga di medan sesungguhnya. Melintasi jalan-jalan perkampungan berkontur aspal dan kerikil dengan jalur menanjak dan turunan curam hingga 45 derajat, performa mesin 4JA1L bawaan Isuzu Panther dengan transmisi manual 5-speed MUA5S yang dipakai Isuzu D-Max tidak merepotkan kami selama membesut pikap gambot ini.

Mesin powerful terasa menggigit saat tanjakan curam 45 derajat dengan posisi Traga yang kami kendarai terhenti di tengah-tengah tanjakan, akibat kemacetan karena kendaraan dari arah berlawanan yang sama-sama melintas. Tidak ada gejala drop sama sekali saat menanjak kembali meski dengan posisi gigi 2, cukup mengimbanginya dengan injakan pada pedal kopling dan gas. Torsi maksimum 19,5 Kgm atau sekitar 191 Nm sangat terasa di putaran mesin 2.200 rpm, meski data spesifikasi menyebutkan torsi maksimum berada di putaran 1.800 rpm.

Suspensi juga penting untuk kendaraan angkutan saat membawa barang agar tidak mudah berantakan bahkan hancur. Alhasil, suspensi double wishbone dengan per keong pada roda depan cukup mumpuni meredam entakan saat kendaraan melibas lubang cukup dalam di permukaan aspal. Sedangkan di roda belakang yang menganut model per daun memang bantingannya cukup terasa keras dalam kondisi muatan tidak terlalu banyak, dan hal ini sudah menjadi karakteristik mobil angkutan barang.

Isuzu Traga

Sektor kabin terasa nyaman untuk pengemudi dengan postur 178 cm. Dengan model jok yang ergonomis menyesuaikan lekuk tubuh orang Indonesia, dan headrest menyatu di bagian jok membuat lebih nyaman untuk sejenak menyandarkan kepala untuk melepas penat di perjalanan. Desain dasbor memang sederhana karena mengutamakan utilitas seperti panel indikator yang terlihat jelas dari posisi duduk sopir, cup holder di sudut dasbor dengan jarak yang terjangkau dari posisi duduk pengemudi, serta jarak pandang luas karena frame kaca depan didesain lebih luas. Posisi duduk pun terasa lebih tinggi dibanding rival sekelas sehingga lebih memudahkan pandangan ke depan maupun sekeliling kendaraan.

Isuzu Traga

Sedangkan bagian bak dengan ukuran ekstra lapang sangat memudahkan membawa muatan yang lebih banyak, meski kami hanya sempat mengangkut lima jenis barang. “Payload maximum 1,5 ton dan untuk aplikasi bak ini diperuntukkan untuk sektor general cargo, forestry, dan agriculture sebagai solusi untuk pengangkutan bahan makanan,” kata Tonton Eko Boedianto, Product Development Division Head IAMI.

Pengalaman perjalanan menjadi sopir sehari Isuzu Traga akhirnya berakhir di restoran Melrimba Garden, Cisarua, Puncak, Bogor. Rombongan pun disambut oleh warga setempat yang terdiri dari anak-anak dan orang tuanya masing-masing, dan acara Isuzu Traga Media Test Drive dilanjutkan dengan penyerahan simbolis barang-barang yang kami bawa tadi kepada seluruh warga setempat yang hadir. Semoga Isuzu Traga dapat bermanfaat bagi banyak pihak.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

Truckmagz GIF

Media Banner for TruckMagz Indonesia-02

KI-2018-Web-Banner-320x327 (TruckMagz)

1cemat-banner300-80-cn 

logo-chinatrucks300 327pix

FA-CVL-Digital-Banner-300x327-pixel