Pendapat Tire Consutant Atas Aksi Viral Pria Memasang Ban Truk Menggunakan Lutut

12 / 01 / 2022 - in Berita

Beberapa waktu lalu sempat viral video di sosial media mengenai seorang pria memasang ban truk dengan cara yang tidak lazim. Dalam video, pria tersebut melompat dan mendaratkan lutut pada bagian dinding ban. Tujuan gerakannya adalah mencoba memasukkan ban ke peleknya.

Mengomentari hal tersebut, Tire & Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Bambang Widjanarko mengatakan, ” Pemasangan ban dengan cara seperti itu hanya bertujuan untuk menarik pelanggan saja dan tidak akan memberi dampak apa pun terhadap ban. Juga tidak mempercepat proses pemasangan ban, apalagi membuatnya supaya terpasang secara lebih presisi,” katanya.

“Memang jika bagian bead-nya yang belum pas atau fitting ke pelek, lalu digenjot dengan menggunakan lutut begitu, bisa saja membuatnya tergores kemudian lukanya dikhawatirkan akan melebar menjadi sobekan sejalan dengan pemakaian ban tersebut,” terang Bambang.

Bambang melanjutkan, “Namun yang lebih saya khawatirkan adalah kerusakan pada lutut tireman-nya. Bisa saja jika lompatan dengan mendaratkan lutut tersebut meleset lalu membentur bibir pelek, maka bisa kita bayangkan akan berpotensi terjadi cedera meniskus yang cukup parah,” jelasnya.

Meniskus adalah bantalan berupa tulang rawan dibalik tempurung lutut yang gampang cedera sobek dan bisa muncul cairan dibalik tempurung lutut tersebut yang perlu disedot oleh Dokter Orthopedi secara periodik dan jika tersenggol pada bagian lututnya, akan terasa nyeri yang hebat.

“Maka sebaiknya gunakan cara yang baik dan benar dengan menggunakan peralatan bongkar pasang ban yang tersedia,” pungkas Bambang.

Editor : Sigit

Foto : truckmagz



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix