Penanganan Material Beton Saat Keadaan Darurat

02 / 01 / 2016 - in Ask The Expert

Ada kalanya truk mixer mengalami beberapa kendala saat di lapangan atau dalam perjalanan menuju lokasi proyek. Driver tidak perlu bingung jika mengalami kendala kerusakan pada bagian hidrolik truk mixer. Ketika unit Mixer mengalami kerusakan atau kecelakaan, perlu dilakukan upaya darurat yang aman untuk mengeluarkan material dari drum. Ada dua metode untuk mengeluarkan material dalam kondisi darurat berdasarkan kondisi aktual yang dihadapi di lapangan. Tentunya metode pengeluaran material saat keadaan darurat akan berbeda sesuai kerusakan yang terjadi. Berikut tips dari Justinus Ade Sanjaya, Sales Operation Manager PT Kyokuto Indomobil Distributor Indonesia :

Metode 1

Jika terjadi kerusakan pada mesin, drive shaft, pompa hidrolik dan pipa hidrolik, gunakan metode 1. Metode 2 untuk kerusakan pada motor hidrolik dan roda gigi reduksi.

1) Hentikan kendaraan sesegera mungkin, upayakan posisi motor hidrolik dari kendaraan yang bermasalah sedekat mungkin dengan posisi motor hidrolik dari truk mixer penolong .

2) Hubungkan pipa hidrolik tekanan tinggi dari kendaraan bermasalah ke kendaraan penolong. Jika panjang pipa tidak mencukupi gunakan komponen tambahan seperti pipa emergency untuk pengeluaran darurat.

3) Hubungkan pipa dari hydraulic motor yang ada di kendaraan bermasalah pada tanki oli yang ada di kendaraan penolong. Tindakan ini untuk mengkoneksi semua jalur hidrolik dan menyalurkan tenaga hidrolik dari kendaraan penolong.

4) Set tuas pengontrol pompa hidrolik dari kendaraan penolong pada posisi “Stop” dan nyalakan unit secara stasioner sekitar 5 menit. Kemudian operasikan tuas pengontrol pada kendaraan penolong untuk membuang isi drum.

5) Setelah membuang isi drum, kembalikan pipa oli ke posisi semula dan gantilah oli hidrolik dari kendaraan bermasalah dan kendaraan penolong untuk tetap menjamin performa yang optimal.

6) Perlu diperhatikan drum sebaiknya tidak boleh berputar terlalu cepat selama proses pembuangan darurat. Dalam menangani koneksi pipa hidrolik antar kendaraan, sebaiknya berhati-hatil agar tidak ada debu yang masuk.

Metode 2 

Cara ini dipakai jika kendaraan penolong sukar ditemukan atau letaknya jauh dari kendaraan yang bermasalah

1) Putarlah drum untuk memposisikan lubang pembuangan darurat menghadap ke bawah dan kemudian bukalah lubang pembuangan darurat untuk mengeluarkan semua concrete.

2) Semua baut pengikat pada lubang pembuangan darurat dapat dibuka dengan mudah. Lakukan tindakan dengan cepat pada kondisi darurat.

Tabel Penanganan Material Beton Saat Keadaan Darurat

Teks : Sigit A

Data : PT Kyokuto Indomobil Distributor Indonesia



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix