Pemkab Touna Sulteng Lepas 6.100 Ton Jagung ke Filipina

11 / 09 / 2020 - in Berita

Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una atau Touna melepas ekspor jagung di Pelabuhan Matangisi, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah (Sulteng) ke Filipina dan pelepasan ekspor coconut water ke Singapura melalui Pelabuhan Pantolan, Palu, Sulteng. Ekspor jagung tersebut sebanyak 6.100 ton dengan nilai Rp 22 miliar dan coconut water consentrat jumlah 1 kontainer 40 Hc Reefer, nilainya mencapai 41.294 dolar AS.

Keberhasilan ini merupakan hasil sinergi yang luar biasa dari berbagai pihak untuk terus mengembangkan potens ekonomi daerah Kabupaten Touna terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti ini. Eskpor ini akan berdampak luas terhadap perekonomian kabupaten, pengguna khususnya dan Sulawesi Tengah pada umumnya,”kata Mohammad Lahay, Bupati Tojo Una Una dalam siaran pers Kementerian Pertanian (11/9).

Tercatat bahwa volume ekspor jagung tersebut dapat membawa manfaat besar bagi perekonomian Indonesia, khususnya peningkatan kesejahteraan petani. Ekspor jagung dipastikan juga memperluar pasar bagi produk Indonesia, menambah devisa negara, memperluas lapangan kerja, mengurangi kegiatan impor yang berlebihan.

Oleh karena itu, dengan dukungan pemerintah pusat yakni Kementerian Pertanian, kami terus utamakan, peningkatan kesejahteraan petani, sehingga anka kemiskinan semakin turun dan lapangan kerja semakin terbuka. Hasil panen berlimpah, pemerintah daerah bersama Kementerian Pertanian mendorong ekspor jagung agar harga tetap stabil,”tutupnya.

Teks: Abdul

Foto: Kementrian Pertanian



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix