Pemerintah Tengah Siapkan Grand Design Logistik Nasional

07 / 02 / 2019 - in News
Sistem Logistik Nasional

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) berencana menyusun grand design Sistem Logistik Nasional sebagai upaya mengatasi permasalahan ekspor dan logistik pangan. Sebagai permulaan, pemerintah akan menggunakan acuan Cetak Biru Sistem Logistik Nasional yang diterbitkan melalu Perpres No.26 tahun 2012. Pemerintah juga akan secara aktif melibatkan pelaku usaha di bidang logistik dalam proses penyusunannya.

“Dua sektor utama yang untuk dibahas, yakni logistik ekspor-impor dan logistik pangan. Dua hal ini memiliki aspek-aspek yang rumit dan perlu dikembangkan. Kita perlu menyusun rencana aksi yang komprehensif untuk mengeksekusi hal ini,” kata Menko Perekonomian, Darmin Nasution ditemui usai diskusi bersama asosiasi-asosiasi yang mewakili para stakeholders sektor logistik di Jakarta, Rabu (6/Feb/2019).

Dalam pertemuan yang dinisiasi Kemenko Perekonomian tersebut, dibahas isu-isu penting terkait sistem logistik nasional yang diklasifikan berdasarkan waktu jangka pendek, menengah dan panjang. Beberapa isu penting lainnya yang dibahas yaitu, mengenai kepelabuhan laut, bandar udara, jasa angkutan laut, Pusat Logistik Berikat dan lain-lain.

Darmin mengatakan, selama ini pemerintah berusaha memperbaiki kondisi logistik dengan membangun infrastruktrutur untuk menghilangkan hambatan distribusi. Oleh karenanya, pemerintah sedang mengoptimalkan pembangunan infratruktur fisik yang terintergrasi. Ditambah mengoptimalkan aspek digital agar mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0.

“Makanya kami diskusi dengan asosiasi. Kami ingin mencoba mendiskusikan, mengumpulkan dan mengidentifikasi langkah-langkah perbaikan. Mungkin dari sisi pemerintah atau dari sisi operasional di lapangan. Saya tadi menyampaikan kita fokus ekspor, bagaimana mendongkrak sektor ini,” ucap Menko Perekonomian.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Abdul



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix