Pemerintah Diminta Bentuk Badan Adhoc Logistik

10 / 12 / 2019 - in News

Forum Logistik Indonesia (FLI) merekomendasikan pembentukan badan adhoc bidang logistik sebagai salah satu langkah penting pembenahan sistem logistik nasional untuk peningkatan daya saing. Mengingat sektor logistik bersifat multisektoral, badan adhoc tersebut dinilai perlu dipimpin langsung Presiden. Guna menghindari sikap ego sektoral baik pada lingkup swasta maupun pemerintahan dalam penerapan integrasi Sistem Logistik Nasional (Sislognas).

Demi menyatukan visi antara semua pihak baik dari kementerian dan lembaga pemerintah, BUMN, BUMS, UMKM, dan koperasi. Dalam rangka perbaikan daya saing logistik nasional berpotensi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional yang jauh lebih baik lagi,”kata Yukki Nugrahawan Hanafi, Koordinator Forum Logistik Indonesia.

FLI menilai, saat ini banyak persoalan logistik yang perlu diselesaikan. Mulai dari biaya logistik Indonesia yang masih tinggi sekitar 24-27% dari GDP, regulasi yang kontra produktif, ketidakseimbangan arus barang. Di mana sekitar 82% di wilayah Indonesia bagian barat atau tengah dan 18% di Indonesia bagian Timur

Padahal, pada 2012 sektor logistik Indonesia telah diatur lewat Peraturan Presiden Nomor 26 tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional (Sislognas) yang menjadi tatanan konsep makro dalam perbaikan kondisi sektor logistik. Sislognas memiliki 6 kunci penggerak utama yaitu komoditas utama, infrastruktur logistik, teknologi informasi dan komunikasi, pelaku dan penyedia jasa logistik lokal, SDM logistik, serta regulasi di bidang logistik.

Pengamatan FLI, sejauh ini Sislognas telah menghasilkan beberapa hasil nyata yang berkontribusi terhadap perkembangan kondisi logistik secara nasional. Di antaranya adalah kebijakan ekonomi terkait bidang logistik, standar kompetensi kerja nasional bidang logistik, pembangunan infrastruktur pendukung daya saing logistik, serta pengembangan pendidikan formal dan vokasi bidang logistik.

Teks: Abdul

Foto: TruckMagz



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix