Pembangunan Infrastruktur Dongkrak Performa Logistik Indonesia

12 / 02 / 2019 - in News
Pembangunan

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengklaim pembangunan infrastrukur yang telah dilakukan pemerintah empat tahun terakhir, mampu mendongkrak performa logistik nasional. Hal tersebut didasari kenaikan peringkat Indonesia dalam Logistics Performance Index (LPI) yang dikeluarkan Bank Dunia. Indonesia mengalami kenaikkan 17 peringkat ke posisi 46 pada 2018 dari sebelumnya peringkat 63 pada 2016.

“Naiknya 17 peringkat dalam dua tahun, tentu saja itu merupakan hasil dari berbagai upaya termasuk pengembangan infrastruktur baik fisik maupun digital. Tapi kita dibandingkan dengan negara tetangga di ASEAN, Indonesia masih lebih rendah dari Malaysia, Thailand bahkan Vietnam,” ucap Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian beberapa waktu lalu.

Dalam jangka pendek, kata Darmin, pihaknya akan melangkukan langkah kongkrit. Salah satunya melalui penerapan Delivery Order Online sistem InaPortNet. Pemerintah juga akan meningkatkan kemudahan berusaha dengan mengoperasikan sistem Online Single Submission (OSS). Saat ini OSS mampu melayani seribu pendaftar dan menerbitkan lebih dari 850 izin usaha setiap harinya.

Diketahui, sepanjang 2016 -2018 sekitar 46 Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan total investasi sebesar Rp 159 triliun telah dibangun pemerintah. PSN yang dimaksud meliputi jalan tol, bandara, pelabuhan, bendungan, pembangkit listik dan rel kereta api. “Kita akan berupaya terus mengefisienkan sistem logistik yang lebih baik,” kata Darmin menambahkan.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Dok. TruckMagz

 



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix