Pelindo III Mantapkan Layanan Pandu Tunda dengan Reklamasi

03 / 03 / 2016 - in Berita

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengundang 160 orangu untuk menghadiri Sosialisasi Petunjuk Teknis dan Standard Operating Procedure (SOP) pada Kamis (25/2/). Konsep yang identik dengan kegiatan pengurukan tanah dialihmaknakan menjadi sebuah akronim yang berarti regulasi, deklarasi dan sistem informasi. Bertempat di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), kegiatan bertajuk “Committed to Change” ini bertujuan untuk mewujudkan harapan para stakeholder dan pengguna jasa yang mendesak adanya peningkatan kualitas pelayanan. Pada kesempatan tersebut, hadir pula Kepala Syahbandar Kelas Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Bay M. Hasani, yang menjadi representasi pemerintah dalam hal pengawasan kegiatan pemanduan dan penundaan di Pelabuhan Tanjung Perak. Pria yang baru saja menjabat 1,5 bulan di Pelabuhan Tanjung Perak ini memberi apresiasi atas inisiatif Pelindo III Cabang Tanjung Perak menggelar kegiatan sosialisasi tersebut. “Mempertemukan stakeholder dan para pengguna jasa dalam satu forum adalah kesempatan langka di lingkungan kepelabuhanan, namun Pelindo III sanggup mewujudkan itu pada pagi hari ini” puji Bay.

Menutup kegiatan sosialisasi ini, Pelindo III Cabang Tanjung Perak memfasilitasi para pandu untuk mendeklarasikan Pakta Integritas yang menegaskan komitmen dan kesungguhan mereka dalam menjalankan tugas. Para undangan mendengar pembacaan isi Pakta Integritas dengan khidmat. Bagi Rahandhi, salah satu peserta dari PT Buana Nusantara, sosialisasi ini penting bagi perusahaannya untuk meningkatkan pemahaman tentang prosedur pelayanan pemanduan dan penundaan. “Kami jadi lebih tahu tentang alur proses pelayanan pandu dan tunda di Tanjung Perak,” jelasnya.

Pasca sosialisasi, Pelindo III Cabang Tanjung Perak akan berkorespondensi dengan para pemilik TUKS terkait profil terminal dan juga dengan pengguna jasa terkait kriteria terminal yang dibutuhkan. Kompilasi data tersebut akan memudahkan perencanaan alokasi pandu dan armada kapal pandu/tunda yang diharapkan mendongkrak produktivitas pelayanan kapal.

Teks : Sigit A

Sumber foto : Dokumentasi Pelindo III



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix