Pelindo 4 Fokus Kembangkan 5 Pelabuhan di Luar Papua Tahun Ini

04 / 02 / 2016 - in News

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 4 sebagai Lokomotif Kawasan Timur Indonesia (KTI) merupakan operator layanan kepelabuhanan dengan wilayah kerja/operasional meliputi 22 pelabuhan yaitu Samarinda, Makassar, Balikpapan, Kendari, Parepare, Tolitoli, Gorontalo, Ambon, Ternate, Nunukan, Jayapura, Merauke, Tarakan, Biak, Fakfak, Manokwari, Sorong, Pelindo 4 Pantoloan, Bitung, Pelabuhan Bontang, Sangata, Tanjung Redeb.

Tahun anggaran 2016 ini, Pelindo 4 mendapat jatah anggaran dari Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 2 triliun untuk pembangunan dan perbaikan beberapa pelabuhan di KTI. Menurut Kusmahadi Setya Jaya, Kepala Biro Perencanaan dan Strategi Perusahaan Pelindo 4, dana dari PMN yang sudah dikucurkan tadi sejatinya akan digunakan untuk mengembangkan 9 pelabuhan di wilayah kerjanya.

Komposisi pelabuhan yang akan dikembangkan tersebut masing-masing 5 pelabuhan di luar wilayah Papua (Pelabuhan Tarakan, Bitung, Ternate, Ambon, Kendari) dan 4 pelabuhan di dalam wilayah Papua (Pelabuhan Merauke, Manokwari, Jayapura, Sorong).

“Tahun ini kami akan untuk pengembangan 5 pelabuhan di luar Papua dengan total penyerapan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun. Sisanya, 4 pelabuhan di Papua akan kami kembangkan selanjutnya di tahun depan (2017) dengan sisa anggaran PMN sebesar Rp700 miliar,” rinci Kusmahadi.

Sebelumnya Kusmahadi pernah membeberkan, dari total anggaran PMN sekitar Rp 1,3 triliun di akhir tahun 2015, baru bisa terserap di tahun 2016 dan sisanya di 2017. “Ada peraturan bahwa anggaran PMN harus terserap dalam waktu tiga tahun,” imbuhnya.

Total anggaran PMN sebesar Rp 1,3 triliun yang akan diserap tahun 2016 ini, sekitar Rp 635 miliar dipakai untuk membangun pelabuhan baru di Kendari (Kendari New Port) dan Rp 130 miliar akan digunakan untuk pengembangan lapangan penumpukkan peti kemas seluas 6 hektare di Pelabuhan Tarakan. “Untuk proyek di Pelabuhan Tarakan kami estimasi akan selesai dalam waktu 1 tahun,” tambah Kusmahadi.

Untuk Pelabuhan Ternate, Pelindo 4 akan merenovasi atau malah membangun ulang dermaga yang tidak kuat menjadi dermaga yang lebih kokoh, dengan estimasi anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 100 miliar. Sedangkan di Pelabuhan Jayapura, Pelindo 4 akan membangun 2 dermaga untuk penumpang termasuk merenovasi pelabuhan yang sudah ada saat ini, dan dilanjutkan mengembangkan Pelabuhan Sorong.

Teks : Antonius S

Sumber foto Pelindo IV



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix