Pelindo 3 Bakal Terapkan Sistem Informasi Berbasis Online

05 / 03 / 2016 - in Berita

PT Pelabuhan Indonesia 3 (Pelindo 3) per 1 Januari 2018 berencana akan menerapkan sistem manajemen kepelabuhanan berbasis teknologi informasi alias online. Nantinya juga akan didesain aplikasi yang dapat menghubungkan antarpelabuhan di bawah wilayah kerja Pelindo 3.

Dalam teknologi informasi yang sedang digagas Pelindo 3 ini terdiri atas dua bagian besar yaitu front-end dan back-end. Front-end sendiri dalam sistem manajemen kepelabuhanan Pelindo 3 mencakup aplikasi peti kemas, non peti kemas, dan jasa pelayanan kapal. Khusus aplikasi jasa pelayanan kapal akan diterapkan per Juni 2016 di hampir semua pelabuhan di bawah kendali Pelindo 3.

Untuk aplikasi peti kemas berlabel Spiner sebagai salah satu bentuk aplikasi front-end akan diterapkan di pelabuhan Tanjung Perak, Lembar, Benoa, Kumai, Sampit, Bima, Maumere, Batulicin, Waingapu, Ende, Kalabahi, Bumiharjo, dan Badas. Sementara untuk aplikasi bongkar muat non peti kemas berlabel Gen-C.

Sedangkan back-end lebih kepada software yang dikembangkan untuk mendukung kegiatan operasional agar lebih efisien dan efektif, seperti SAP (System Application and Product in data processing) yang merupakan software ERP (Enterprise Resources Planning) sebagai basic tools dalam teknologi informasi dan manajemen untuk membantu Pelindo 3 dalam merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas kepelabuhanan sehari-hari. Seperti sistem aplikasi human capital management, serta finance and controlling untuk kontrol keuangan.

“Tujuannya agar lebih meningkatkan bongkar-muat peti kemas sekaligus menghubungkan setiap pelabuhan (dalam wilayah Pelindo 3), sehingga proses bisnis lebih efisien,” kata Djarwo Surjanto, Direktur Utama Pelindo 3 dalam keterangan resminya, Jumat (4/Mar).

Teks : Antonius S

Foto : pelindo.co.id



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix