Pelabuhan Perintis Tol Laut akan Ditambah Peralatan Bongkar Muat

08 / 01 / 2019 - in News
Tol Laut

Tahun ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memperluas trayek tol laut menjadi 18 rute terdiri dari tujuh trayek jarak jauh dan 11 trayek penghubung atau feeder, dalam rangka melayani 230 lintasan perintis yang ditargetkan terwujud pada 2019. Untuk itu, pada kuartal pertama tahun ini, Kemenhub segera melengkapi peralatan bongkar muat dengan memprioritaskan pada pelabuhan perintis di daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan lantaran belum memiliki fasilitas bongkar muat memadai.

Menurut keterangan Direktorat Kepelabuhanan, Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub, pelabuhan perintis yang akan dilengkapi peralatan bongkar muat masih ditentukan. Namun, pelabuhan-pelabuhan kecil yang membutuhkan dan masuk dalam trayek tol laut menjadi prioritas. Demikian disampaikan Direktur Kepelabuhanan, Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub, M. Tohir.

Pengadaan peralatan bongkar muat yang umumnya forklift tersebut, menurut M. Tohir, perlu waktu 40 hari sejak pembukaan tender hingga pengumuman pemenang tendernya, ditambah proses pengiriman ke lokasi yang diperkirakan membutuhkan waktu hingga tiga bulan.

Sebagai informasi, pemerintah mulai tahun 2019 fokus membuka trayek tol laut mengacu pola hub and spoke guna menekan disparitas harga dengan sistem yang lebih efektif. Sedangkan kapal yang akan dioperasikan untuk mendukung tol laut bertambah menjadi 130 unit di tahun ini.

Direktur Angkutan Multi Moda, Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub, Ahmad Yani mengungkapkan, kapal-kapal untuk melayani tol laut terdiri dari berbagai jenis dan ukuran, dan saat ini tengah dibangun Pemerintah Indonesia di beberapa perusahaan galangan kapal dalam negeri. “Secara bertahap, pembangunan kapal akan selesai dan siap dioperasikan untuk memperkuat angkutan logistik di Indonesia,” ujar Yani beberapa waktu lalu di Jakarta.

 

Editor: Antonius
Foto: Setkab RI
 



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix