Otomatisasi Dalam Industri Karoseri

09 / 11 / 2016 - in Berita, Info Produk

Dalam industri rancang-bangun kendaraan, proses perencanaan hingga produksi massal dilakukan secara matang dan terukur. Kepresisian dengan tingkat efisiensi tinggi adalah hal yang mutlak saat ini, dengan tetap mempertahankan kualitas terbaiknya agar mampu bersaing secara global. Muro Corporation yang berdiri pertama kali pada April 1953 di Akasaka, Tokyo, Jepang menawarkan kualifikasi tersebut, melalui lini produknya yang mencakup komponen suku cadang (autoparts) dan sistem pemasang sekrup otomatis (auto feed screw driving systems) untuk industri kendaraan, termasuk alat pengupas kulit buah-buahan (citrus peeler) yang menyasar konsumen rumah tangga.

Indonesia menjadi pasar potensial dari strategi pengembangan bisnis yang dilakukan Muro Corporation di wilayah Asia khususnya Asia Tenggara, yang sejak Agustus 2012 lalu telah mendirikan anak perusahaan PT Murotech Indonesia sebagai afiliasi Murotech Vietnam Corporation yang telah eksis lebih dulu pada bulan Juli di tahun yang sama. Menurut Kunihiro Arai General Manager, Market Development Department Chief Muro Corporation Japan, pada prinsipnya bisnis yang dijalankan Muro Corporation adalah memproduksi komponen otomotif untuk kepresisian dengan metoda stamping. “Kami telah mengembangkan bisnis auto-feed-screw driving sebagai bisnis utama kami selanjutnya,” kata Arai.

Arai menjelaskan, nilai jual yang ditawarkan kepada pelanggan bisnisnya di Indonesia adalah menciptakan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh vendor lainnya. “Hal ini dilakukan sebagai upaya kami untuk meningkatkan bisnis di semua aspek, meningkatkan status produk Muro di segmen yang sesuai dengan produk tersebut dengan standar internasional, dan membangun fondasi yang kuat. Dengan demikian, tidak ada satu pesaing yang bisa mendekat ke kami,” ujarnya.

Produk Utama
Murotech Indonesia yang memiliki pabrik di Kawasan Industri Suryacipta City, Jalan Surya Lestari Kav.I-2H, Kutamekar Ciampel, Karawang, Jawa Barat memproduksi stamping parts untuk otomotif. Sementara itu, Muro Corporation Japan juga memproduksi sistem pemasang sekrup otomatis (auto feed screw driving systems) yang diperuntukkan industri padat karya seperti karoseri atau body builder truk, termasuk untuk keperluan pembuatan trailer berikut pemasangan lantai/dek berbahan kayu.

Salah satu produk unggulan terbarunya adalah Vislider VL71-FLR untuk truk trailer Indonesia. Muro Corporation telah menciptakan sebuah peranti yang dapat menggantikan fungsi pemasangan sekrup secara manual yang memakan waktu cukup lama dalam industri padat karya seperti karoseri di Indonesia. Secara konvensional, untuk mengencangkan dan mengikat lapisan kayu dengan pelat besi, pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat lubang-lubang terlebih dahulu dengan cara dibor, kemudian baru bisa memasang sekrup menggunakan mata bor khusus untuk memasukkan sekrup satu demi satu di semua lubang. Sekarang dengan menggunakan auto feed screw driving dan sistem pengeboran khusus secara cepat, tidak perlu lagi melakukan metoda konvensional tadi. Anda cukup mengencangkan sekaligus mengikat lantai kayu di atas rangka besi trailer dengan satu langkah mudah secara komprehensif.

 

alat-1alat-3

Kunihiro Arai menjelaskan, proses standar dalam pembuatan lantai truk selama ini dianggap membosankan dengan cara membuat lubang percontohan terlebih dahulu, kemudian memasukkan sekrup ke dalam lubang tersebut dan baru mengencangkannya menggunakan bor khusus. “Ini adalah tiga langkah dalam satu tahapan pekerjaan. Dengan menggunakan sistem pemasang sekrup otomatis dari Muro memungkinkan untuk mengikat sekrup dalam satu langkah dengan cepat. Orang-orang yang menggunakan alat ini hanya cukup menekan alat Vislider ini ke bawah dalam posisi berdiri, maka secara otomatis sekrup langsung terpasang pada lubang yang telah dibor sebelumnya dan langsung dikencangkan dalam satu langkah. Kecepatan dalam proses pemasangan lantai truk akan lebih cepat dua kali atau tiga kali lipat. Juga, teknisi akan terhindar dari sakit punggung dengan mengoperasikan alat ini dengan berdiri,” jelas Arai.

Terkait dengan industri angkutan truk di Indonesia, Arai mengatakan, Muro menawarkan sistem pemasang sekrup otomatis (auto feed screw driving systems) ini dengan rangkaian sekrup model tersusun (collated screw) dan secara material memang dirancang khusus untuk lantai truk dan telah terbukti diterima pasar (Jepang) selama 15 tahun. “Kami mengembangkan sistem ini di Jepang dan sekarang kami sedang melakukan pengiriman sistem ini ke Amerika Utara, Eropa, Korea, dan wilayah lainnya. Juga, tidak ada perusahaan manufaktur lainnya yang menggunakan sistem yang sama. Sehingga konsumen bisa memilih cara tradisional dengan satu per satu menyekrup atau memilih cara yang lebih canggih dan efisien. Biasanya orang-orang yang sudah menggunakan sistem kami ini tidak bisa kembali ke masa lalu dengan cara pemasangan sekrup satu per satu,” paparnya.

Vislider VL71-FLR memang didedikasikan untuk beberapa aplikasi tugas berat (heavy duty) maupun kategori tugas ringan. Seperti untuk pemasangan kayu pada aluminium, kayu pada rangka baja, lantai mezzanine, manufaktur bodi truk dan trailer, manufaktur bodi bus, dan pabrikasi. Solusi dengan menggunakan alat ini telah terbukti dalam proses pembuatan bodi truk, trailer dan manufaktur bus, terutama untuk mengencangkan lantai serta dinding samping tanpa hambatan. Melalui strategi desain, Muro juga membuat jenis sekrup berkualitas dalam jumlah besar yang dapat disesuaikan dengan aplikasi. Model sekrup telah didesain untuk mampu bekerja dengan cepat dan efektif dengan sistem self-driving untuk mempercepat proses pemasangan material secara bersamaan, baik itu untuk sesama bahan kayu atau material kayu dengan logam. Dengan aplikasi yang tak terhitung jumlahnya ini, sistem pemasang sekrup otomatis ini juga dapat digunakan untuk pemasangan lantai maupun drywall untuk pemasangan dek versi OEM (Original Equipment Manufacturer) kendaraan.

Target Pasar
Sejak perusahaan ini didirikan, Muro telah menargetkan untuk menumbuhkan teknologi terbaik dalam ceruk bisnis atau bidang yang tidak dapat ditangani oleh vendor atau pemasok lain dalam industri trucking maupun otomotif lainnya, dan akan terus menjadi perusahaan global yang mengusung budaya dengan basis teknologi terbaik. Karena tidak berafiliasi dengan industri mobil, Muro bisa bertahan hidup dengan memiliki kemampuan nyata dalam menciptakan teknologi pendukung industri otomotif. Teknologi yang dibutuhkan telah dikembangkan dan disempurnakan dan menjadi ciri khusus sekaligus kekuatan dari Muro. “Kami memproduksi komponen autoparts didasarkan pada proses stamping dan mengganti biaya proses lainnya yang memiliki cost lebih tinggi seperti mesin, pengecoran atau sintered untuk proses stamping kami,” jelas Arai.

Selain itu, menurut Arai, pasar Indonesia dilihat mampu memproduksi truk 5 ton ke atas dengan jumlah sekitar 140.000 unit per tahun. “Kami pikir pasar ini membutuhkan sistem kami. Target kami adalah masyarakat Indonesia dapat menggunakan sistem kami dan membuat efisiensi dalam produksi mereka lebih tinggi lagi serta turut menjaga kesehatan fisik para pekerjanya,” ujar Arai. Dalam survei awal, lanjutnya, kami mengerti ada banyak perusahaan manufaktur truk di Indonesia sehingga diperlukan pihak distributor untuk melayani seluruh perusahaan karoseri truk tersebut. “Saya pikir kami perlu beberapa distributor untuk meng-cover seluruh wilayah Indonesia. Sejauh ini belum ada sistem lain yang lebih baik daripada kami, sehingga distributor Muro dapat mengurus sistem kami ini sebagai pelopor di Indonesia. Itu adalah salah satu keuntungan menjadi distributor kami,” kata Arai.

Hal ini juga sejalan dengan tujuan perusahaan yang menargetkan total penjualan grup sebesar 200 juta yen dan profit 20 juta yen. “Karena itu kami mencari distributor di Indonesia karena kami membutuhkan distributor ini agar dapat mengimpor, menyetok peralatan kami termasuk collated screw dan memiliki bengkel. Jika mereka menjual peralatan listrik dan fastener, hal itu yang terbaik untuk menjalankan sistem kami. Karena kami memproduksi barang asli seperti sistem pemasang sekrup otomatis, dan ingin memperluas bisnis kami dengan slogan Make things that other companies cannot,” kata Arai. Muro Corporation mencari distributor auto feed screw driving system untuk truk trailer di Indonesia. Bagi perusahaan yang tertarik menjadi distributor, bisa menghubungi Market Development Department Muro Corporation, email tokuhan-info@vislider.com, telepon +81-(0)28-667-7148, faksimile +81-(0)28-667-4795.

direktur
Kunihiro Arai General Manager, Market Development Department Chief Muro Corporation Japan



Sponsors

 

logo-chinatrucks300 327pix