Orafol, Tawarkan Peningkatan Keselamatan Mengemudi di Malam Hari

16 / 05 / 2015 - in Info Produk

Bisnis di dunia logistik seringkali tidak mengenal waktu, malam hari-pun seringkali supir harus tetap bekerja memenuhi order dari client. Berkendara di malam hari tentunya akan meningkatkan resiko kecelakaan. Hal ini bisa terjadi akibat berbagai faktor, seperti berkurangnya jarak pandang, lampu dari kendaraan yang kurang terang sehingga semakin sulit melihat kondisi jalan dan posisi kendaraan di sekitar pengemudi, juga termasuk meningkatnya kemungkinan supir mengalami kelelahan dan mengantuk saat mengemudi.

Steven Ow, sales manager dari Tritech Sdn Bhd selaku distributor Orafol untuk Malaysia mengungkapkan bahwa Technische Universitat Darmstadt di Jerman telah melakukan studi selama dua tahun terhadap 2000 truk, dimana 1000 truk menggunakan stiker pantul dan 1000 truk lainnya tidak menggunakan stiker pantul . Hasilnya menunjukkan truk yang tidak menggunakan stiker pantul 30 kali beresiko mengalami kecelakaan daripada truk yang menggunakan stiker pantul. Masih menurut Ow, dari total kecelakaan dalam studi yang dilakukan Universitas Darmstadt itu 38% terjadi akibat supir tidak melihat ada truk didepannya sehingga menabrak bagian belakang truk.

Stiker pantul atau stiker reflektif kemudian menjadi salah satu solusi murah untuk mengurangi kecelakaan yang melibatkan truk dimalam hari. Sayangnya di Indonesia belum ada regulasi resmi yang mengatur penggunaan stiker pantul ini. Hanya beberapa perusahaan khususnya transporter dengan muatan mudah terbakar yang menggunakan stiker pantul seperti ini. Sementara di Malaysia, pemerintah telah mewajibkan seluruh jenis truk pengangkut barang baik industri maupun tidak untuk menggunakan stiker pantul. Bahkan jenis stiker yang boleh dipergunakan harus lulus sertifikasi Sirim dari pemerintah.

Orafol sebagai produsen self-adhesive graphic film, reflective materials dan adhesive tape system asal Eropa telah memiliki standar internasional En ISO 9001 dan EN ISO 14001 menjamin ketahanan stiker pantul dari Orafol memiliki weather resistant yang sangat tinggi. Dengan garansi selama tiga tahun Orafol dapat tetap berfungsi maksimal tanpa berkurang tingkat kecerahannya bahkan akibat proses pencucian truk setelah berkali-kail. Dengan sertifikat Sirim MS 828: 2011 Orafol menjamin stiker pantul VC Series mereka memiliki daya pantul cahaya tertinggi dari jenis stiker pantul produk lain.

Teks&Foto : Bayu Yoga 



Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix