Niat Pemerintah Indonesia Jadikan Batam sebagai Hub Logistik Internasional

03 / 04 / 2019 - in News

Pemerintah melalui Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BP) Batam akan mengembangkan Pelabuhan Batu Ampar yang terletak di Pulau Batam sebagai hub logistik internasional. Untuk itu, sejumlah langkah kebijakan mulai dari kebijakan jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang kini tengah disusun oleh Pemerintah.

“Selain menurunkan biaya logistik, kita juga mesti berfikir mengembangkan Batam sebagai international logistics hub,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution saat menghadiri Rapat Pengembangan Pelabuhan Batam yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Kantor BP Batam, Kepulauan Riau, Selasa (2/04/2019).

BP Batam tengah mengembangkan kebijakan jangka pendek, yakni sentralisasi kegiatan handling kontainer; konsolidasi kargo melalui koordinasi muatan dan kegiatan pengangkutan shipper/shipping line; penyediaan fasilitas untuk mempercepat dan meningkatkan efisiensi kegiatan bongkar muat; memperluas dan menata ulang container yard, yang semula seluas 2 hektare (Ha) menjadi 10 Ha; serta pengoperasian kapal rute reguler yang melayani rute Batam-Singapura.

Kebijakan jangka menengah yang diambil antara lain penataan manajemen pengelolaan pelabuhan agar lebih modern, dan optimalisasi dermaga di sisi utara. Sedangkan kebijakan jangka panjang berupa pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) International Logistics Hub, berupa perluasan CY melalui reklamasi seluas 8 Ha dan penambahan dermaga utara sepanjang 600 meter. Dengan demikian penambahan ini akan menjadi simpul konektifitas antar pelabuhan inter-insulair dan direct-call ke berbagai negara.

Selain itu juga akan dilakukan integrasi pelayanan antarmoda pengangkutan untuk container dan kargo udara, pelayananan transship dan transshipment untuk mendukung direct call yang akan tersedia, hingga modernisasi fasilitas pelabuhan untuk berbagai layanan seperti kontainer, tanker, pergudangan, hingga perkantoran dan hunian.

 

Editor: Antonius
Ilustrasi: Aktivitas pelabuhan kontainer-Giovanni



Related Articles

Sponsors

AFFA-logisticsphotocontest 

Capture 

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix