Volvo FE Dual Control Diperkenalkan Pertama Kalinya untuk Industri Pengelolaan Limbah

08 / 05 / 2016 - in Products

Pengelola manajemen limbah Australia tahun ini memperkenalkan truk andalan terbarunya di acara International Truck Trailer and Equipment Show, Sabtu (7/Mei). Menganut sistem Dual Control terbaru pada kendaraan angkut berat, Volvo Trucks sekaligus meresmikan peluncuran perdana varian terbarunya dengan model FE Euro 6 ini.

Sejatinya truk Volvo FE terbaru yang sudah menganut standar emisi Euro 6 ini dirancang khusus untuk pengelolaan sampah, dan merupakan yang pertama kalinya untuk kategori truk sekelasnya di seluruh dunia.

Volvo FE memang telah lama berkontribusi pada segmen industri pengelolaan limbah secara global, dan pada FE Dual Control ini nantinya difokuskan untuk membantu pengelolaan limbah ke tingkat yang lebih modern lagi.

“Kami sangat bersemangat untuk menjadi pemimpin di dunia yang menerapkan sistem Dual Control untuk pertama kalinya pada truk Volvo FE Euro 6, yang berkontribusi dalam industri pengelolaan limbah di Australia,” kata Mitch Peden, Wakil Presiden Volvo Trucks Australia.

Menurut Mitch, truk ini telah dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar lokal Australia, yang sebelumnya telah berkonsultasi dengan perusahaan pengelolaan limbah terkemuka di Negeri Kanguru itu, guna memenuhi dan melewati semua persyaratan yang sulit untuk kebutuhan pasar ini.

Secara teknis truk Volvo FE Dual Control ini mengaplikasi model kaca depan yang lebih luas dengan spion kabin lebih wide, untuk mendukung visibilitas pengemudi yang luar biasa dari dalam kabin. Hal ini juga merupakan aspek penting untuk sebuah truk sampah yang beroperasi di lingkungan perkotaan yang padat, dimana bahaya keamanan sangat menantang seperti anak-anak yang berlarian di sisi jalan, hewan peliharaan dan mobil yang keluar-masuk badan jalan menjadi hal yang biasa ditemukan.

“Truk baru ini memiliki visibilitas pengemudi yang tidak sejajar namun aspek ergonomi ditingkatkan bagi sopir, dan yang paling penting adalah truk baru ini sudah menggunakan fitur keselamatan kelas dunia dari teknologi inovasi milik Volvo, termasuk peringatan tabrakan dari arah depan serta sistem pengereman darurat sebagai standar pada model 6×4,” rinci Mitch.

Mitch mengatakan bahwa sistem Dual Control yang dikembangkan melalui konsultasi dengan pelanggan Volvo Australia di segmen limbah ini, ditujukan untuk memberikan kontrol serta visibilitas lebih akurat bagi pengemudi yang berada di sisi kiri ketika hendak mengambil sampah. Sekaligus untuk menambah kepercayaan diri bagi sopir yang berada di posisi kanan, untuk mengemudi pada kecepatan lebih tinggi di jalan perkotaan.

Volvo FE Dual Control juga dibekali sistem suspensi udara secara elektronik yang dapat dikendalikan untuk fungsi di roda belakang truk terbaru ini. Sistem suspensi udara ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi dan stabilitas kendaraan dengan mengatur tinggi sasis serta kompensasi untuk distribusi beban yang tidak merata, terutama ketika sampah dituang dari tong sampah ke dalam bak truk.

Truk ini juga dilengkapi fitur ESP (Electronic Stability Program) sebagai standar untuk mengurangi risiko slip/tergelincir dan kemungkinan kendaraan terguling. Jika sistem ESP mendeteksi truk mulai mengalami kesulitan bergerak atau berperilaku tidak normal, maka sistem akan mengurangi torsi mesin atau mengaktifkan rem secara individual untuk mengurangi kecepatan dan gaya lateral ke tingkat yang lebih aman.

Teks : Antonius S
Data : Volvo Trucks Australia



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix