Hino Tetap Optimis di Semester Dua Meski Pasar Belum Bergerak Positif

16 / 06 / 2016 - in News

OK

Hino Indonesia tetap mampu mempertahankan posisinya selama 16 berturut-turut sebagai pemimpin pasar medium duty truck (MDT), melalui kinerja PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) yang membukukan penjualan sebanyak 3.771 unit Hino Ranger atau menguasai pangsa pasar sebesar 59.07% di segmen MDT. Sementara di segmen light duty truck (LDT), Hino Dutro berhasil membukukan market share sebesar 21% atau setara 4.594 unit, hasil ini lebih baik dibanding periode yang sama tahun 2015 yaitu 18%.

Secara makro, penjualan kendaraan komersial sepanjang Januari-Mei 2016 mengalami penurunan sebesar 18% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2015. Untuk kategori MDT pasarnya turun sebanyak 12% yaitu 6.384 unit, dimana tahun lalu masih dapat terjual 7.226 unit. Sementara di segmen LDT pasar turun lebih dalam lagi yaitu 20%, dari 27.194 unit di Januari-Mei 2015 menjadi 21.881 unit sepanjang periode yang sama 2016.

“Kondisi pasar di Indonesia yang belum stabil dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang belum terlihat, tentunya hal ini juga berdampak besar pada dunia bisnis secara keseluruhan termasuk penurunan pasar kendaraan komersial yang turun cukup signifikan pada tahun ini. Namun market share kami selama Januari-Mei 2016 dapat meningkat menjadi 21% untuk Hino Dutro (LDT-red) dan Hino Ranger (MDT-red) tetap bertahan di angka 59%,” urai Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI di acara Hino Buka Puasa Bersama Jurnalis di Multifunction Room Lt. 8, Wisma Indomobil II, Jl. MT Haryono Kav 9. Jakarta Timur, Kamis (16/Juni).

Meskipun diprediski sejumlah besar kalangan bahwa pasar belum akan bergerak positif secara signifikan, HMSI tetap optimistis dapat mencapai target jualannya untuk semester dua tahun ini. Hino Indonesia tetap berharap pada proyek-proyek infrastruktur pemerintah yang masih akan terus berjalan di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

HMSI pun mematok target market share sebesar 65% untuk segmen MDT dan 20% untuk segmen LDT sepanjang semester dua tahun 2016. Untuk mencapai target tersebut, Hino Indonesia tetap fokus menggarap sektor swasta seperti industri kargo maupun sektor pemerintahan melalui e-catalog yang akan digenjot untuk memenuhi kebutuhan truk baru yang diperlukan pemerintah dalam proyek infrastrukturnya.

 

Editor: Antonius S
Foto: Pebri Santoso



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix