New Arocs Digadang-gadang Sebagai Truk Tambang Masa Depan

23 / 11 / 2017 - in News, Products
New Arocs

Selain menghadirkan New Axor kepada para pelaku industri transportasi barang Indonesia, Mercedes-Benz Indonesia juga menghadirkan varian unggulan lainnya di kelas heavy-duty, New Arocs. PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) selaku agen pemegang merek truk Mercedes-Benz di Tanah Air, mengklaim bahwa New Arocs dirancang untuk menjadi masa depan truk off-road dari Mercedes-Benz yang pertama kalinya di Indonesia.

“Kami bangga bisa menghadirkan rangkaian baru Arocs ke Indonesia, untuk melengkapi rangkaian Actros yang sudah ada. Melalui penggabungan antara tenaga, kekokohan dan efisiensi dengan cara yang unik, Arocs meneruskan tradisi 120 tahun kendaraan komersial Mercedes-Benz dan membawanya ke masa yang akan datang, dengan teknologi inovatif yang berorientasi pada masa depan.” kata Ralf Kraemer, Managing Director MBDINA di Jakarta beberapa waktu lalu.

New Arocs menawarkan beberapa keunggulan penting seperti biaya operasional yang lebih rendah, desain yang kokoh dan andal, tingkat kenyamanan dan keamanan yang lebih tinggi bagi pengendara, serta menjadi model Euro 3 yang pertama di Asia Tenggara.

Salah satu model New Arocs yang sudah diperkenalkan di Indonesia adalah Arocs 4042K 6×4 Tipper yang dibekali teknologi inovatif seperti Mercedes PowerShift 3, yaitu sistem perpindahan gigi transmisi secara otomatis menggunakan constant-mesh gearbox dan dry clutch. Serta dimodali mesin OM-460 12,8 L 6-silinder segaris yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 421 dk dan torsi maksimal 2.100 Nm pada putaran mesin rendah sekalipun.

Kehadiran Arocs selama enam tahun di seluruh dunia telah membuktikan desain yang kokoh dan andal. Salah satu aspek kekokohan yang ditonjolkan seperti jarak dengan permukaan tanah (ground clearance) yang tinggi berkat sudut kedatangan dan sudut keberangkatan yang besar. Kabin New Arocs juga diperbarui secara keseluruhan termasuk interior, dasbor  termasuk instrument cluster terbaru.

Rangkaian model New Arocs bakal dihadirkan dengan banyak pilihan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan individual setiap pelanggan di Indonesia. Sebelum dimulainya penjualan resminya yang dijadwalkan pada semester dua tahun 2018 mendatang, saat ini MBDINA sedang melakukan proses homologasi dan memastikan kesiapan purnajual untuk Arocs di Indonesia. Mercedes-Benz juga tengah menyiapkan dukungan teknis, pelatihan mekanik dan pengendara, garansi produk serta layanan-layanan tambahan lain untuk pelanggan Arocs seperti Webparts dan On-Site Parts Stock.

Meskipun Arocs akan diperkenalkan sebagai solusi baru dalam transportasi khususnya di sektor pertambangan Indonesia, varian Actros yang sudah ada sebelumnya akan tetap tersedia di pasar Indonesia. Seperti model Actros 4061 dengan mesin V8 dan Turbo Clutch Retarder dengan tenaga maksimal 612 dk dan torsi maksimal 2.700 Nm, yang diklaim mampu membawa dengan mudah gross combination weight hingga 300 ton pada medan berat sekali pun.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors