Mungkin Anda Anggap Sepele, Tapi Akibatnya Bisa Fatal

09 / 01 / 2016 - in Tips & Trik

Melakukan perawatan pada kendaraan niaga seperti truk, tak bedanya seperti merawat mobil pribadi. Namun, perlakuan lebih ekstra mesti dilakukan lantaran truk yang sangat diandalkan untuk usaha trucking maupun logistik ini, punya jam terbang lebih tinggi ketimbang mobil pribadi Anda yang tampak selalu mulus di garasi rumah.

Untuk menjaga agar kesehatan truk jagoan Anda tetap dalam kondisi prima, ada beberapa tips yang mungkin dianggap sepele namun dapat berakibat fatal jika tak diperhatikan dengan benar.

Seperti menjaga tekanan ban agar tak melebihi atau kurang dari ketentuan pabrikan. Kemudian jika ban sudah kedapatan kempis di tengah jalan, jangan membuka paksa bautnya dengan terburu-buru karena justru akan membuat ulir baut teromol rodanya aus karena efek pemuaian sepanjang perjalanan sebelumnya. “Biarkan dingin dulu beberapa saat, baru kemudian boleh dibuka bautnya pakai kunci roda,” saran Wawan Kurniawan, kepala bengkel Mitsubishi Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Jangan lupa untuk selalu mengecek semua cairan pendukung di mesin seperti air radiator dan air wiper. Periksa pula ketinggian ideal dari oli mesin serta minyak rem. Cek kembali kekencangan tali kipas tak terkecuali baut roda.

Untuk melakukan servis berkala, “Sebaiknya dilakukan setiap kelipatan 10 ribu km, supaya kondisi kendaraan tetap prima untuk beroperasi,” sebut pria asal Kuningan, Jawa Barat ini kepada TruckMagz.

Teks dan Foto : Antonius S



Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix