Mulai Agustus 2017 Mercedes-Benz Axor Dirakit di Bogor

06 / 07 / 2017 - in Berita

Mercedes-Benz

Pabrikan truk Mercedes-Benz di bawah payung divisi Daimler Trucks dari grup Daimler AG, memutuskan melakukan investasi pabrik perakitan kendaraan komersial di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Seperti diungkapkan oleh General Manager, Planning and Life Cycle Management CV Daimler South East Asia, Maximilian Knorr di acara Halal Bihalal with Mercedes-Benz Axor, Panin Center Building, Jakarta Pusat, Kamis (6/Juli).

Max mengungkapkan bahwa ketertarikan Daimler Trucks berinvestasi di Indonesia dilatarbelakangi oleh demand yang cukup menjanjikan ke depannya. “Semakin ke sini permintaan pasar truk di Indonesia kian menggelembung, hal ini tak terlepas dari banyaknya proyek konstruksi yang sedang berjalan di Indonesia saat ini, dan tentunya membutuhkan banyak kendaraan truk heavy-duty ke depannya meski light-duty truck tetap mendominasi. Dan saya pikir saat ini merupakan waktu yang tepat untuk bergabung dan concern di pasar kendaraan komersial secara luas di Indonesia,” kata pria asal Jerman ini.

Menurut Max, pertumbuhan industri di Indonesia juga menjadi tantangan tersendiri bagi pihaknya. Pria ramah ini pun mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat kaya karena memiliki banyak sumber daya alam yang melimpah seperti minyak, gas, dan batu bara.

“Saya banyak belajar di Indonesia. Seperti ketika saya berkunjung ke area tambang batu bara di daerah Melak di Kalimantan Timur. Di sana saya melihat operasional truk dipakai untuk transportasi material tambang yang jaraknya sangat jauh, ratusan kilometer dari area tambang ke lokasi stockpile (persediaan). Jadi saya pikir Indonesia merupakan pasar yang sangat penting dan menarik bagi kami,” ujar Max.

Selain itu, populasi di Indonesia yang terbesar ke-4 di dunia dan setengah dari populasinya berumur 30 tahun juga menjadi salah satu kesamaan dalam persyaratan di bisnis Daimler Trucks secara global. Max mengatakan, tahun lalu Daimler AG telah melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi yang membicarakan tentang perkembangan bisnis terutama infrastruktur di Indonesia.

“Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi tahun lalu, Daimler AG berkomitmen kepada pemerintah Indonesia untuk mensuport perkembangan bisnis di Indonesia terutama di bisnis otomotif, melalui investasi pabrik Mercedes-Benz yang berada di Wanaherang, Bogor senilai lebih dari USD 20 juta di industri kendaraan komersial,” ucap Max.

Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang nantinya akan diperuntukkan untuk melokalisasi perakitan truk heavy-duty dari Daimler Trucks, salah satunya seperti varian Axor 2528 C yang mulai Agustus 2017 mendatang akan dirakit sesuai dengan kebutuhan pasar industri Indonesia.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton

 



Related Articles

Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix