Mulai 1 Januari 2021 Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor Wajib BLUe

21 / 11 / 2020 - in Berita

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan menerbitkan surat edaran bernomor AJ.502/33/7/D8JD/2020 tentang Penggunaan Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor, sebagai tindak lanjut ditemukannya bukti lulus uji laik jalan kendaraan bermotor palsu di beberapa daerah beberapa waktu lalu.

Surat edaran tertandatangani Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi tertanggal 17 November 2020 dengan klasifikasi penting dan ditujukan kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan Bupati/wali kota seluruh Indonesia ini menyatakan:

Terkait dengan penerbitan bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor sebagai hasil/output dari penyelenggaraan pengujian berkala kendaraan bermotor yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia maka diputuskan ketentuan sebagai berikut.

a. Terhitung 1 Januari 2021 penyelenggaraan pengujian berkala kendaraan bermotor hanya dapat dioperasionalkan bagi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) yang terakreditasi, dan telah mengimplementasikan penerbitan Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe) berupa kartu uji dan tanda uji;

b. Bagi daerah yang masih memiliki bukti lulus uji berupa buku uji (buku kir), tanda uji (pelat/peneng), dan tanda samping agar segera dimusnahkan atau tidak dipergunakan kembali dengan pengawasan dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD). Kemudian dilaporkan hasilnya kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat, melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah setempat.

 

Editor: Antonius
Foto: Dok. TruckMagz



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix