Mitsubishi Fuso Luncurkan Merek E-Fuso

01 / 11 / 2017 - in News, Products
E-Fuso

Setelah sukses meluncurkan eCanter, seri produksi pertama truk bertenaga listrik di New York, AS, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) mengumumkan rencananya untuk mengembangkan seluruh jajaran truk dan bus bertenaga listrik dalam beberapa tahun mendatang dengan meluncurkan merek terbarunya, E-Fuso.

E-Fuso merupakan merek dagang dari yang khusus didedikasikan untuk truk dan bus bertenaga listrik dari MFTBC. Dari markas besarnya di Saiwai-ku, Kawasaki, Prefektur Kanagawa, Jepang, MFTBC memperkenalkan truk bertenaga listrik dengan nama E-Fuso Vision ONE.

E-Fuso Vision ONE merupakan truk heavy-duty yang memiliki GVW 23.26 ton dan payload 11.11 ton, lebih rendah 1,8 ton dari rekan dieselnya. Truk ini dapat beroperasi dengan jarak tempuh hingga 30 km dalam sekali pengisian daya. Sementara truk listrik jarak jauh masih membutuhkan waktu untuk uji kelayakan secara teknis, penggunaan truk heavy-duty E-Fuso Vision ONE dapat digunakan untuk kendaraan distribusi di area regional.

“Dengan mengembangkan eCanter mulai dari perluasan desain, pengembangan, pengujian hingga saat ini masuk tahap produksi, MFTBC mendapatkan pencerahan, yang akan sangat membantu untuk membawa truk listrik heavy-duty ini meluncur di jalan-jalan umum dalam empat sampai lima tahun mendatang,” ujar Marc Listosella, President and CEO of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation and Head of Daimler Trucks Asia.

Selain E-Fuso Vision ONE, MFTBC juga menampilkan eCanter di ajang Tokyo Motor Show 2017. Sosok eCanter tak lain adalah truk light-duty bertenaga listrik yang prototipenya sempat dipamerkan di GIIAS 2017 beberapa waktu lalu.

E-Fuso
Prototipe eCanter di GIIAS 2017

eCanter memiliki GVW 7,5 ton dan mampu menempuh jarak tempuh antara 100-120 km dengan sekali pengisian daya baterai. Seri produksi terbatas eCanter yang pertama telah diserahkan kepada pelanggan di Jepang, yaitu Seven-Eleven dan Yamato Transport Japan. Untuk pasar Amerika Serikat, eCanter sudah dipakai oleh United Parcel Service (UPS), beberapa LSM termasuk Habitat for Humanity, Wildlife Conservation Society, dan The New York Botanical Garden.

MFTBC menegaskan komitmennya bahwa di tahun-tahun mendatang semua model truk dan bus Fuso akan menyertakan alternatif powertrain listrik tambahan. Selain pengalamannya dalam pengembangan truk listrik, E-Fuso juga mendapat keuntungan dari memiliki akses ke sumber teknis yang luas dari perusahaan induknya Daimler AG.

Daimler AG banyak berinvestasi pada mobilitas listrik, menciptakan sinergi antara divisi mobil penumpang dan truk. Deutsche Accumotive anak perusahaan Daimler menyediakan baterai untuk truk E-Fuso. Mercedes-Benz Energy, spesialis sistem perlengkapan penyimpanan energi menawarkan kesempatan untuk siklus hidup kedua dari baterai. Daimler AG juga memiliki saham di ChargePoint, penyedia stasiun dan infrastruktur pengisian daya terbesar di dunia. Dan di StoreDot, perusahaan start-up Israel untuk mengembangkan teknologi pengisian baterai baru yang lebih cepat.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton, KTB



Related Articles

Sponsors