Mitos Seputar Sistem Rem

07 / 09 / 2021 - in Tips & Trik

Komponen aftermarket bisa menyesatkan. Faktanya, ada komponen yang sama yang dibuat oleh pabrikan yang sama namun dikemas berbeda. Selain itu juga, penyebutan nama onderdil di beberapa daerah di Indonesia ada perbedaan, sehingga kadang perlu menjelaskan detail komponen terlebih dahulu ketika akan membeli komponen pengganti.

Wahyu Suwarno Kepala Bengkel Rama Bangkit Jaya Krian mengatakan, “Hal ini mempersulit mekanik untuk memutuskan menggunakan produk orisinal atau aftermarket, karena masalah berikutnya adalah sistem rem mengalami masalah setelah penggantian komponen baru,” katanya. Berikut beberapa mitos dan kesalahpahaman tentang komponen sistem rem yang umum.

  1. Kampas rem dan tromol yang lebih luas berarti jarak henti yang lebih pendek.

“Jarak henti bukan didasarkan pada penampang kampas rem. Pengereman adalah hasil dari daya henti atau torsi dorong yang tinggi, yang terutama ditentukan oleh tekanan aplikasi rem, material lapisan, komposisi udara pada chamber, dan diameter rem. Kampas rem yang lebih luas memang mengalami keausan lebih lama meskipun dalam suhu operasional yang tinggi. Permukaan yang lebih luas mampu membuang panas lebih mudah daripada permukaan yang sempit karena area untuk membuang panas lebih banyak. Semakin sempit area yang bergesekan maka daya buang panas semakin kecil. Penampang tromol yang lebih lebar bisa sangat berguna untuk trayek truk di dataran tinggi atau area pegunungan. Karena di area ini akan sering sekali dilakukan pengereman, dan suhu tromol bisa sampai 120-150 derajat Celcius,” jelasnya.

  1. Rem tromol bekerja lebih baik daripada full air brake, itulah sebabnya rem tromol banyak digunakan.

Ada fitur dan keunggulan berbeda untuk rem tromol dan full air brake. Perihal teknologi, semuanya tergantung dari pemilik kendaraan. Tidak satu pun dari keduanya, memiliki fungsi teknis yang lebih unggul dalam semua situasi dan aplikasi. “Indonesia area yang cukup luas dengan keragaman bentuk muka bumi, sehingga jenis aplikasi tertentu bisa sangat unggul pada kondisi area tertentu. Penggunaan fungsi juga tergantung pada gaya pengemudi mengendalikan kendaraan. Perbedaan utama di antara rem ini adalah desain, kekuatan resistensi, ukuran, kemudahan perawatan, dan part pendukung. Rem tromol jauh lebih mudah dan lebih ekonomis dalam perawatan dan bagian-bagiannya tersedia hampir di seluruh toko onderdil. Full air brake memiliki karakteristik ketahanan yang unggul serta teknologi yang lebih maju dan sangat ideal untuk kecepatan tinggi dan sedang. Selain itu juga memiliki torsi yang konstan. Perawatan juga lebih kurang sama dengan rem tromol,” ujar Wahyu.

  1. Antilock-brake system tidak memerlukan penyetelan berkala pada rem.

 ABS adalah sistem pengereman elektronik yang memanfaatkan penguncian roda yang akan terjadi pada keadaan darurat dan siklus pengeremannya mampu menghindari ban terkunci seperti rem konvesional. Hal ini tidak ada hubungannya dengan daya henti rem tromol, chamber, dan slack adjuster karena semua komponen yang memiliki faktor keausan perlu penyetelan ulang.

  1. Automatic slack adjuster tidak memerlukan perawatan rutin.

Automatic slack adjuster adalah perangkat mekanis yang dirancang untuk mempertahankan jarak interval yang telah ditentukan antara tromol dan kampas rem. Pada operasional truk yang membawa muatan berat dan melewati medan ekstrim perlu penanganan khusus. Seperti semua komponen, automatic slack adjuster tetap memerlukan pemeriksaan berkala, termasuk pelumasan grease sehingga performanya tetap terjaga. Automatic slack adjuster tidak bebas perawatan.

  1. Automatic slack adjuster dapat diatur secara manual.

Setelah instalasi dan pengaturan awal, automatic slack adjuster tidak boleh diatur ulang kecuali kerusakan berat sehingga memerlukan pembongkaran total seperti penggantian tromol atau seal. “Selain itu, tidak boleh dilakukan penyetelan ulang. Jika mekanik memiliki alasan kuat bahwa rem memang rusak dan perlu pengaturan, itu bisa dimaklumi dan ini bersifat opsi terakhir. Artinya jika dibiarkan pada kondisi itu, jarak tromol dan kampas akan semakin menjauh. Jika kampas rem tidak bisa disetel ulang, artinya ada sesuatu yang secara teknis salah dengan automatic slack adjuster dan harus diganti bukan disetel ulang secara manual,” tegasnya.

  1. Rem axle drive harus dinonaktifkan ketika aplikasi untuk trailer yang bermuatan berat.

“Ini salah satu kesalahpahaman yang paling umum, karena beberapa pabrikan truk dilengkapi dengan rem axle drive yang sangat agresif, yang diperlukan untuk memenuhi jarak henti yang pendek. Fakta berikutnya adalah truk dengan cc besar yang dilengkapi dengan rem axle drive mampu menghentikan kendaraan dalam jarak yang lebih pendek dan memiliki kontrol yang lebih baik daripada truk yang tidak memiliki rem axle drive. Beberapa pabrikan truk sudah mengaplikasi ini untuk truk trailer dengan tenaga besar. Dengan kombinasi rem trailer, membuat rem bekerja lebih maksimal. Aplikasi ini juga mampu mengurasi risiko jackknife karena pengemudi harus mengerem dengan tekanan lebih tinggi untuk menghentikan kendaraan,” jelas Wahyu.

  1. Nama komponen adalah yang terpenting ketika mencari komponen pengganti.

Nama komponen pada kardus adalah hal penting nomor dua. Pertama adalah menanyakan pada distributor atau penjual untuk memastikan fungsinya sesuai dengan merek truk. “Jika dibolehkan membandingkan komponen lama dan komponen pengganti dengan mendekatkan keduanya, itu lebih baik. Karena jika mengenali nama saja itu terkadang bisa menyesatkan. Kadang-kadang pegawai pabrik bisa salah memasukkan barang ke dalam kardus. Jangan tertipu oleh nama pada kemasan. Lebih baik periksa kualitas di dalamnya,” saran Wahyu.

  1. Slack adjuster harus berada di sudut 90 derajat ke pushrod ketika rem disetel.

Sudut 90 derajat memberikan gaya input maksimum ke rem. Namun, penyimpangan dari sudut ini hanya memengaruhi output torsi sedikit sekali.

  1. Boleh menerapkan kombinasi automatic slack adjuster dan manual pada axle yang sama.

Ini mitos yang membahayakan. Penting untuk diketahui bahwa automatic slack adjuster disetel begitu akan dipasang, sedangkan slack adjuster manual bisa disetel beberapa periode ketika perawatan. Jika ini terjadi, artinya di axle yang sama suatu saat akan ada penyimpangan yang berakibat pada mekanisme rem. Jadi tidak boleh mengombinasi automatic slack adjuster dan manual pada axle yang sama karena keduanya memiliki jarak interval yang berbeda.

  1. Sering mengganti pegas dan cam bushing akan lebih baik pada sistem rem.

Justru jika kedua komponen ini diganti rutin secara periodik tanpa ada gejala kerusakan maka keausan dini akan terjadi pada kampas rem dan tromol. Kebanyakan kasus ini terjadi pada sistem yang menggunakan automatic slack adjuster. Jika pegas kampas lemah, maka automatic slack adjuster tidak akan berfungsi dengan baik. Penggantian tepat pada waktunya akan memastikan kinerja yang tepat dari rem dan slack adjuster sehingga perangkat lebih awet.

  1. Membeli onderdil murah akan menghemat biaya operasional.

Ada harga, ada kualitas. Menggunakan komponen berkualitas berarti biaya komponen yang lebih hemat per kilometer dan otomatis mengurangi biaya dalam jangka panjang dengan menghilangkan downtime yang tidak perlu. Dengan alasan hemat lalu membeli komponen sistem rem seperti tromol dan kampas rem yang tidak berkualitas dapat sangat berisiko pada kecelakaan.

  1. Penggunaan lengan pegas yang panjang untuk chamber cenderung akan menyebabkan ketidakseimbangan rem.

Penggunaan lengan pegas tidak akan mengubah waktu dan torsi pengereman. Sistem rem akan tetap seimbang. Lengan pegas chamber yang panjang akan lebih lama mempertahankan output gaya dorong dan tarik yang lebih tinggi dibandingkan lengan pegas standar.

Untuk menghindari mitos pada sistem rem, Wahyu menyarankan untuk menanyakan pada dealer terlebih dahulu jika akan membeli part aftermarket. “Mekanik perlu memahami apa yang terpasang, memahami produk yang akan dibeli dan ajukan pertanyaan jika tidak memahami atau tidak familiar dengan dengan produk atau merek tertentu. Ini untuk memastikan sistem rem bekerja optimal seperti yang diharapkan,” katanya.

Editor : Sigit



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix