Mercedes-Benz Pamer Mobil Pertamanya di Museum Nasional

08 / 02 / 2020 - in News

Menandai 50 tahun kiprahnya di pasar otomotif Indonesia, Mercedes-Benz menyerahkan replika mobil pertamanya, Benz Patent-Motorwagen (Mobil Benz Patent Motor) kepada Museum Nasional. Kendaraan roda tiga ini diproduksi di Berlin, Jerman dan baru diajukan hak patennya oleh Carl Benz pada 29 Januari 1886. Tanggal tersebut sekaligus ditetapkan sebagai hari kelahiran mobil.

“Kami sangat gembira dapat mendonasikan replika asli mobil pertama di dunia Benz Patent-Motorwagen kepada Museum Nasional Indonesia. Mercedes – Benz telah memainkan peran penting dalam sejarah mobilitas di Indonesia karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz,” kata Choi Duk Jun, Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Sabtu (8/Feb/2020).

Replika mobil ini akan dipamerkan di Museum Nasional Indonesia pada 8-15 Februari 2020. Dalam spesifikasi teknisnya, Benz Patent-Motorwagen bermesin 954 cc satu silinder empat langkah ini menggunakan roda yang sangat besar, yang terpasang secara horizontal di sasis dengan pertimbangan efek gisroskopik dari pemasangan secara vertikal akan mengganggu kemudi dan stabilitas kendaraan.

Mobil klasik ini memiliki beberapa fitur utama yang ditemukan di sebagian besar mesin pembakaran internal saat ini, termasuk kruk as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik dan pendingin air. Unit ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 0,55 kw pada 400 per menit. Konsumsi bahan bakar yang digunakan sekitar 10 liter bensin untuk setiap 100 kilometer perjalanan.

Sementara itu, mobil karya Benz yang digunakan pertama kali di Tanah Air adalah Benz Victoria Phaeton, dipakai oleh Paku Buwono X, Sultan Surakarta. Mercedes-Benz baru memiliki agen tunggal di Indonesia setelah PT Star Motors Indonesia menjalin joint venture dengan Daimler-Benz AG dan PT Gading Mas. Setahun kemudian, pabrik di Tanjung Priok memulai produksi massal kendaraan komersial Mercedes-Benz 911. Selang beberapa tahun diikuit perakitan truk, bus dan mobil penumpang.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Abdul



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix