Mercedes-Benz New Axor 1623 C Dijajal Para Pendekar Banten

21 / 02 / 2018 - in Berita

Mercedes-Benz New Axor 1623 C

Setelah mendapat teori dalam kegiatan defensive driving training di acara kampanye Safety First, Efficiency Follow, satu per satu sopir truk peserta pelatihan yang diselenggarakan TruckMagz bekerja sama dengan Aptrindo Banten ini mulai melakukan test drive sekaligus merasakan langsung pengalaman mengendarai truk Mercedes-Benz New Axor 1623 C. Uji kompetensi dan pengetesan dilakukan di Kota Cilegon, Banten, Rabu (21/Feb/2018).

Masing-masing sopir sebagai pendekar di jalan dalam industri trucking ini juga didampingi oleh instruktur dari Indonesia Difensive Driving Center (IDDC). Salah satu instruktur IDDC Arief Mufti mengatakan, test drive kali ini sopir truk akan didampingi mulai dari pengecekan kendaraan awal sebelum berangkat dan mengarahkan sopir ketika di dalam kendaraan.

“Kami para instruktur akan melihat cara mereka mengecek bahan bakar, oli, dan berbagai persiapan lainnya. Kami juga melihat cara mereka duduk dan berkendara. Sopir juga kami bawa ke jalan raya untuk melihat cara mereka berkendara,” kata Arief.

Menurut Arief, aspek yang dinilai dari para sopir meliputi cara berkendara, kesesuaian dengan teori yang sebelumnya telah diberikan. Ia juga menilai dari aspek kesesuaian defensive driving para sopir serta tingkat awareness pada pengguna jalan lain serta lingkungan sekitar.

“Acara ini sangat baik sekali agar para sopir aware dengan lingkungan sekitar dan juga keselamatan. Acara semacam ini akan dapat meningkatkan keselamatan sopir dan juga kendaraan serta muatan dan yang terpenting adalah memberikan keuntungan pada perusahaan,” ujar Arief.

Mercedes-Benz New Axor 1623 C

Arief menuturkan, kendala yang dihadapi para sopir dalam test drive adalah perasaan grogi karena tidak biasa dengan unit yang masih baru. Menurutnya hal itu sudah biasa terjadi. Namun yang terpenting, lanjut Arief, adalah para sopir dapat menularkan pengalaman yang di dapat di kepada rekan mereka di tempat kerja tentang cara berkendara yang aman dan baik. “Saya harap acara seperti ini lebih sering dilaksanakan agar keselamatan di jalan bisa lebih tinggi dan menekan angka kecelakaan di jalan terutama untuk sopir truk,” ujarnya.

Asnawi, pengemudi truk dari PT Lintas Buana KC mengaku sangat senang diberi kesempatan belajar lagi mengenai cara berkendara yang aman. Menurutnya, acara semacam ini sangat penting dilaksanakan agar dapat mengasah kemampuan sopir dalam berkendara di jalan.

“Melalui pelatihan ini kami dapat  mengingat kembali hal-hal yang sering kami lupa ketika berkendara. Kami senang diberi kesempatan dan pengalaman baru menggunakan truk Mercedes-Benz New Axor 1623 C. Soal mesin, kendaraan ini cukup halus. Meskipun ini truk, tapi rasanya seperti mengendarai mobil pribadi,” ujar Asnawi.

 

Teks : Citra
Editor: Antonius
Foto : Giovanni



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix