Mercedes-Benz Arocs 2051 AK 4×4 Dinobatkan Sebagai Truk Terbaik Segmen Pertanian

18 / 01 / 2017 - in Berita

Daimler Trucks telah melakukan serangkaian pengujian pada varian Mercedes-Benz Arocs 2051 AK 4×4 dalam tes DLG PowerMix transport, yang dilakukan oleh German Agricultural Association (DLG) atau Asosiasi Pertanian Jerman di Akhir Desember 2016 lalu.

Dalam setiap kategori pengujian, Arocs 2051 AK 4×4 berhasil mencatatkan angka konsumsi bahan bakar terendah yang pernah dicapai dalam prosedur pengetesan yang dilakukan DLG PowerMix transport selama ini. Prosedur pengujian yang ketat didasarkan pada kebutuhan riil di area pertanian di seluruh dunia, dan kendaraan yang lolos uji DLG PowerMix transport nantinya akan disematkan segel internasional DLG-approved 2016.

Mercedes-Benz Arocs 2051 AK 4×4 yang diuji oleh DLG sebagai pihak independen dalam pengetesan ini berbasis peruntukan off-road, dengan kapasitas mesin 12,8 liter diesel Euro VI OM 471 model tractor head berpenggerak all-wheel drive yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 510 dk pada 1.800 rpm.

Mercedes-Benz Arocs 2051 AK 4x4

Fitur tambahan sebagai alat bantu pertanian yang dipasang oleh Harald Bruhns GmbH selaku mitra dalam uji DLG PowerMix transport ini terdiri dari poros PTO belakang dengan putaran 1.000 rpm, sistem hidrolik penginderaan beban, delapan koneksi hidrolik bagian belakang, empat unit kontrol hidrolik untuk pengoperasian alat bantu dan terminal ISOBUS.

Semua peralatan pertanian tadi secara spesifik dihubungkan dengan berbagai kopling trailer termasuk lampu kerja, kamera belakang, serta didukung ban lebar dari Terra ukuran 560/60 R 22,5 pada roda depan dan 750/45 R 22,5 di roda belakang yang sekaligus berfungsi untuk menggemburkan tanah.

Saat sesi pengetesan, Arocs 2051 AK 4×4 didaulat untuk menarik trailer tiga sumbu berbobot 24 ton. Truk heavy duty lansiran Mercedes-Benz ini mampu menunjukkan performa terbaiknya dalam dalam tugas ringan maupun berat dengan kecepatan 40, 50 dan 60 km/jam. Sementara hasil pengukuran konsumsi bahan bakarnya lebih irit 23% dari rata-rata truk dan traktor yang diuji selama tes berlangsung. Alhasil, Arocs 2051 AK 4×4 dinobatkan sebagai truk nomor satu dalam hal efisiensi bahan bakar, yang secara keseluruhan berhasil lolos dalam uji keseimbangan energi.

Hasil pengujian ini akan dijadikan referensi bagi penggunanya dalam operasional kendaraan khususnya untuk meningkatkan jarak tempuh antara lahan pertanian dan area stockpile, yang sangat berkaitan dengan konsumsi bahan bakar dan kapasitas angkut dalam praktik pertanian sehari-hari.

Uji DLG PowerMix transport merupakan prosedur pengetesan kendaraan untuk kebutuhan di segmen pertanian yang telah ada selama ini di seluruh negara-negara di Eropa, yang dilakukan oleh pihak independen dalam hal ini German Agricultural Association (DLG) atau Asosiasi Pertanian Jerman.

Kriteria pengujian yang ditetapkan seragam dengan prosedur pengukuran standar untuk menentukan output dan konsumsi bahan bakar kendaraan secara spesifik, dan dilakukan dengan akurasi dalam gram per kilowatt-jam dalam kondisi operasi standar yang mencakup pengukuran output PTO dan efisiensi bahan bakar selama on-road. Hal ini terbukti secara ilmiah menghasilkan pengukuran secara obyektif.

 

Editor: Antonius
Foto: Daimler AG



Related Articles

Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix