Menteri PUPR: Tol Pandaan-Malang Siap diresmikan

10 / 04 / 2019 - in News
Tol Pandaan-Malang

Seusai peresmian jalan Tol Pasuruan-Probolinggo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III sepanjang 30 kilometer (km) yang telah rampung dan dapat dioperasikan dalam waktu dekat.

Tol Pandaan-Malang sendiri terdiri dari lima seksi, yakni Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7 km, Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4 km, dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 4 km.

“Saya lihat tadi dari Pandaan ke Singosari, terlihat sudah siap untuk diresmikan. Total dari 38 kilometer jalan Tol Pandaan-Malang, yang sudah siap diresmikan sepanjang 30 kilometer,” kata Menteri Basuki di Pandaan, Rabu (10/04/2019).

Menteri PUPR menegaskan, ada beberapa pekerjaan pembersihan penyelesaian yang diharapkan rampung dalam satu hari ini untuk segera dilakukan uji laik fungsi oleh tim penilai sertifikasi. Sebelumnya, tahap penilaian pra laik fungsi sudah dilakukan pada minggu lalu.

“Jika besok uji laik fungsi sudah selesai dan dinyatakan siap operasi, akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar dapat diresmikan. Sekarang akan kita lihat lagi perkembangannya. Ibu Gubernur Jawa Timur tadi mengusulkan untuk bisa diresmikan tanggal 12 April 2019 saat Presiden berada di Malang,” ujar Menteri Basuki.

Sementara untuk Seksi IV dan V sepanjang 8 km, lanjut Menteri Basuki,  penyelesaiannya masih dikoordinasikan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur karena ditemukannya situs purbakala. “Untuk ruas dari Singosari ke Malang yang ditemukan situs purbakala, saat ini sedang dilakukan pergeseran as atau trase jalannya,” ucapnya.

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan-Malang dengan investasi sebesar Rp 5,9 triliun. Adapun nilai konstruksi sebesar Rp 3,7 triliun dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP). Keberadaan ruas tol yang menjadi bagian dari Tol Surabaya-Malang itu diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang dan barang, khususnya rute Surabaya-Malang yang banyak terdapat destinasi wisata.

 

Editor: Antonius
Foto: Kemen PUPR



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix