Menteri ESDM Pastikan Harga BBM Turun April

11 / 03 / 2016 - in Berita

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengeluarkan harga baru bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan solar pada akhir Maret 2016. Menteri ESDM Sudirman Said menegaskan, pemerintah akan tetap konsisten dalam menjalankan kebijakan penyesuaian harga BBM setiap tiga bulan. Setelah ada perubahan harga di Januari 2016 lalu, maka dipastikan harga akan kembali berubah pada akhir Maret 2016 mendatang.

“Harga minyak tetap direview tiap tiga bulan. Keputusan review tiga bulan itu yang dulu didiskusikan sangat panjang. Ada yang usul satu tahun sekali, enam bulan sekali. Dan kita putuskan setiap tiga bulan,” katanya Pemerintah sengaja mengambil kebijakan perubahan harga BBM setiap tiga bulan sekali. Pasalnya kebijakan tersebut juga mempertimbangkan nasib pengusaha. “Tapi kita tidak ingin naik turun terlalu sering, kasihan nanti si pengusahanya merencanakan jadi susah‎,” imbuhnya.

Kendati begitu, Sudirman menghimbau kepada masyarakat agar sabar menanti harga baru BBM tersebut. Pasalnya, pemerintah akan menyesuaikan harga BBM dengan kondisi fluktuasi harga minyak mentah dunia.

“‎Jadi tetap saja kita akan gunakan review tiga bulan. Karena itu review-nya akhir bulan ini. Karena review terakhir Januari. Jadi enggak usah khawatir kita akan sesuaikan. Tapi kita tidak ingin naik turun terlalu sering, kasihan nanti si pengusahanya merencanakan jadi susah,” pungkasnya.

Teks : Sigit A

Data : bumn.go.id



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix