Menjemput Peluang, Bea Cukai Sosialisasikan Potensi Ekspor

10 / 01 / 2022 - in Berita

Menjalankan perannya, Bea Cukai terus mendorong para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya hingga pasar ekspor. Dengan menggandeng berbagai pihak, Bea Cukai fokus melakukan pengembangan ekonomi berorientasi ekspor di berbagai daerah, serta mengupayakan pemberian berbagai fasilitas.

Dalam rangka pengembangan ekonomi di wilayah Sulawesi Barat, Kanwil Bea Cukai Sulbagsel menguatkan sinergi dengan berbagai pihak antara lain Pemda Sulbar, Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi barat, dan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, dengan mengikuti forum dialog peningkatan ekspor bersama para pelaku usaha. Pertemuan tersebut bertujuan untuk mendengarkan langsung berbagai aspirasi dan kendala yang dihadapi oleh para pelaku usaha.

Terkait pertemuan tersebut, Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, mengatakan bahwa Bea Cukai Sulbagsel memberikan dukungannya dalam meningkatkan ekspor, baik produk pertanian, perikanan, dan sektor lainnya.

“Para pelaku usaha yang hadir dalam forum tersebut terlihat antusias untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai berbagai peluang ekspor. Beberapa juga membawa produk yang telah dihasilkan dan berinteraksi langsung guna mengetahui langkah – langkah yang perlu diambil agar produknya mampu bersaing di pasar ekspor,” imbuh Hatta.

Selain itu, memasuki awal tahun 2022, Bea Cukai Tarakan menerima kunjungan kerja dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Provinsi Kalimantan Utara, pada Kamis (6/01). Kunjungan ini bertujuan untuk membahas terkait pengusahaan ekspor di wilayah Kaltara.

Dalam diskusi tersebut, ketua DPP APINDO Kaltara, Peter Setiawan, mengatakan bahwa melalui diskusi dengan Bea Cukai ini, pihaknya sangat terbantu. “Kami membahas terkait potensi ekspor di Kaltara, ditambah dengan rencana maskapai MASwing yang akan beroperasi dengan spesial flight 2 kali dalam seminggu. Selain itu, akan ada bantuan penyelesaian restuffing kontainer, usaha pengembalian direct ekspor dari Kota Tarakan, serta membahas topik isu lainnya terkait ekspor dan impor,” ujarnya.

Hatta menambahkan bahwa dengan potensi yang besar bisa menciptakan peluang ekspor. “Harapannya komunikasi dengan berbagai pihak ini tetap terjalin dengan baik, tentu dalam rangka meningkatkan perekonomian Indonesia, khususnya ekspor nasional lebih baik lagi,” pungkasnya.

Editor : Sigit

Foto : Bea Cukai

 



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix