Menhub Budi Dapat Gelar Bapak Pelopor Keselamatan

08 / 04 / 2019 - in News

Menhub Budi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendapat gelar Bapak Pelopor Keselamatan dari Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) dalam acara Apresiasi Peduli Keselamatan Angkutan Barang, aula gedung PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Jakarta, Minggu (7/April/2019).

Acara ini merupakan bentuk apresiasi dari kesuksesan event Deklarasi Pengemudi Truk sebagai Pelopor Keselamatan pada 17 Maret 2019 lalu. Selain Menteri Perhubungan RI, Aptrindo turut memberi apresiasi penghargaan kepada beberapa komunitas pengemudi, di antaranya Asosiasi Pengemudi Nasional, Lamongan Truck Community dan Perkumpulan Pengemudi dan Pengusaha Jepara.

Di samping itu, Aptrindo juga memberikan apresiasi penghargaan kepada PT Pelabuhan Pelindo II dan Otoritas Pelabuhan  Tanjung Priok selaku mitra kerja.

“Kalau bicara logistik, orang yang paling berperan adalah pengemudi. Sehingga tidak berlebihan Pak Presiden mengatakan bahwa pengemudi itu profesi yang mulia. Bagaimana beras itu bisa dimakan di piring kita, atau bagaimana gula bisa memaniskann minuman di gelas kita itu semua peran pengemudi,” ujar Menteri Budi dalam sambutannya.

Menhub menambahkan, pemerintah mendukung upaya Aptrindo dalam meningkatkan kompetensi pengemudi melalui program sertifikasi. Wujudnya, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, pemerintah akan menggelar kegiatan dan program secara sistematis yang berkaitan dengan kompetensi pengemudi.

“Pengemudi adalah mitra strategis pengusaha angkutan barang. Tanpa mereka pengusaha tidak bisa apa-apa. Untuk itu mitra kerja strategis ini memerlukan perhatian dan kebijakan khusus dalam hal pendidikan dan peningkatan kemampuan mengemudi melalui sertifikasi yang berstandar nasional dan internasional. Sebab upaya ini mampu meningkatkan keselamatan di jalan,” kata Gemilang Tarigan, Ketua Umum Aptrindo.

Diketahui, di dalam acara disertai konvoi keselamatan sebanyak 50 unit truk dengan rute kantor Pelindo II menuju gedung secretariat Aptrindo. Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi turut serta dalam konvoi sekaligus memimpin paling depan dengan mengendarai sendiri truk berjenis tractor head.

 

Teks: Abdul
Editor: Antonius
Foto: Abdul



Related Articles

Sponsors

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix