Test Drive

Mengenal Kuzer Lebih Dekat

23 / 03 / 2019 - in Berita

UD Trucks Indonesia melalui distributor resminya, Astra UD Trucks, telah resmi menjual varian Kuzer di segmen light truck. TruckMagz mendapat kesempatan mengakrabi Kuzer di acara test drive dan media gathering yang diadakan Astra UD Trucks beberapa waktu lalu. Sepintas, truk ini punya sosok sedikit lebih besar dibandingkan kompetitor sekelasnya.

Astra UD Trucks menjual Kuzer dalam tiga model baik untuk varian RKE 150 WB3350 (sasis pendek) maupun varian RKE 150 WB3850 (sasis panjang), yakni tipe basic, intermediate, dan fully loaded. Perbedaannya dari sisi kelengkapan standarnya, seperti model basic yang sudah dilengkapi fitur cruise control dan fuel coaching, intermediate terdapat penambahan AC sebagai kelengkapan standarnya. Sedangkan model fully loaded membawa seluruh fitur dari tipe basic dan intermediate ditambah fitur telematik yang selama ini sudah kami lakukan di produk Quester yang kami jual.

Pada kesempatan kali ini kami mencoba varian Kuzer RKE 150 WB3350 dengan karoseri boks aluminium untuk angkutan logistik.

Mesin

Kuzer

Mesin bawaan Kuzer sudah menganut teknologi diesel common rail dengan engine management system, yang memberikan performa terbaik dengan tetap mengutamakan efisiensi bahan bakar. Dibekali mesin dengan kode GH4E empat silinder segaris common rail 3,8 liter, dengan ukuran silinder (diameter x langkah) 100 mm x 120 mm yang menghasilkan rasio kompresi 17,5:1. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 150 daya kuda (dk) saat putaran mesin 2.800 rpm, dengan torsi maksimum sebesar 490 Nm pada putaran 1.400-1.800 rpm.

Kuzer

Mengingat Kuzer memiliki torsi besar mulai putaran menengah, kami mencoba melakukan start dari posisi diam sempurna sampai kendaraan bergerak maju diawali menggunakan posisi transmisi gigi 2. Terbukti laju awal kendaraan terasa smooth hanya dengan melepas secara perlahan pedal kopling tanpa perlu menginjak pedal gas. Setelah laju kendaraan cukup stabil baru lah menginjak pedal gas mengikuti green line pada takometer untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar maksimal.

Transmisi

Kuzer

Transmisi Kuzer dibekali gearbox dengan kode STO0506-1 6-speed, yang dapat mengumbar kecepatan hingga 115 km/jam. “Transmisi yang paling penting untuk light truck, Kuzer sudah menganut 6-speed dengan overdrive dan sistem ini hanya ada di beberapa tipe dan varian saja di kelas light truck,” kata Hendro Priyo Purnomo, Regional Head IBB, Astra UD Trucks.

Overdrive memiliki gear ratio di bawah satu yang membuat putaran roda belakang lebih cepat saat putaran  mesin sekali berputar. Sehingga untuk light truck, fitur ini membuat kendaraan lebih lincah dan bisa berlari lebih cepat. Sebagai informasi, Kuzer dibekali rasio gigi 1 – 6,38; gigi 2 – 3,54; gigi 3 – 2,09; gigi 4 – 1,38; gigi 5 – 1,00; gigi 6 – 0,77 (overdrive); dan gigi mundur dengan perbandingan rasio 6,38.

Selain itu, Kuzer juga dilengkapi fitur cruise control di semua model. Untuk mengaktifkannya, biasanya kendaraan harus dipacu pada kecepatan 60 km/jam. Namun di Kuzer, cruise control dapat diaktifkan mulai kecepatan 40 km/jam dengan menggeser switch cruise control yang terdapat pada tuas pengatur di sisi kanan kemudi. Saat cruise control aktif, dengan sendirinya kendaraan akan mempertahankan kecepatan tetap stabil pada kecepatan tersebut tanpa perlu menekan pedal gas lagi.

Kuzer
cruise control

Handling

Kuzer cukup lincah diajak bermanuver di area agak sempit, kebetulan test drive dilakukan di area seputar gedung Astra UD Trucks dengan lajur untuk kendaraan cukup terbatas. Untuk berbelok pun tak mengalami kendala bahkan terasa selincah kendaraan pikap. Saat memutar balik kendaraan juga tidak makan space besar, cukup mengambil sedikit jarak ke kiri sebelum masuk ke titik putaran balik kemudian setir ditarik perlahan ke kanan tanpa perlu sampai mentok mengikuti gerakan kendaraan yang memutar, Kuzer bisa lancar melakukannya tanpa harus mundur-maju karena keterbatasan space. Hal ini lantaran radius putar minimum RKE 150 WB3350 cukup kecil, yakni 5,75 meter. Namun untuk RKE 150 WB3850 memang punya radius putar minimum lebih lebar, 7 meter, karena sasisnya sendiri juga lebih panjang.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix