Mengenal Keistimewaan Bolt Bushing pada Velg

21 / 05 / 2020 - in Berita, Info Produk

Penggunaan bolt bushing atau kerap disebut juga dengan ring yang terdapat pada lubang baut di velg truk, bus maupun passenger car sebenarnya merupakan sesuatu yang bisa dianggap penting atau tidak. Artinya penggunaan bolt bushing untuk lubang baut pada velg bukanlah bersifat mandatory, melainkan hanya sekedar sukarela saja, kendati demikian penggunaan bolt bushing untuk lubang baut pada velg pasti lebih menjamin keamanan velg-nya.

Masalahnya kadang sekelas pabrik as roda (axle) atau pabrik velg pun masih ada yang beranggapan tidak ada urgensinya penggunaan bolt bushing. Buktinya ada pabrik as roda yang menyertakan bolt bushing saat menjual produknya, ada yang tidak menyertakannya sama sekali dan ada juga yang setengah hati menyertakannya, yaitu hanya menyertakan 2 buah bolt bushing saja untuk roda sebelah kiri dan 2 buah lagi untuk roda sebelah kanan.

Celakanya masih banyak pula konsumen yang belum memahami arti pentingnya menggunakan bolt bushing untuk lubang baut pada velg. Diantara mereka bahkan ada juga yang membuang bolt bushing yang telah disertakan oleh pabrik as roda saat membeli produk tersebut. Padahal idealnya minimal harus ada 4 buah bolt bushing untuk roda sebelah kiri dan 4 buah lainnya lagi untuk roda sebelah kanan.

Mengapa bolt bushing diperlukan ?

Bolt bushing diperlukan dalam rangka untuk lebih mengencangkan ikatan antara velg dengan tromol kendaraan. Keberadaan bolt bushing juga bisa meminimalisir keretakan diantara lubang baut pada bagian disc sebuah velg akibat dari kendornya kekencangan mur roda.  Perlu diketahui bahwa akibat dari penggunaan secara terus menerus, lama kelamaan lubang baut pada velg pun bisa menjadi aus dan kemudian melonggar, saat itulah bolt bushing akan berperan sebagai pengencang.

Berbeda hal nya dengan nut indicator yang oleh beberapa perusahaan angkutan asing dan perusahaan pertambangan sudah diwajibkan penggunaannya. Nut indicator akan dipasang pada mur roda setelah semuanya dikencangkan dan berguna sebagai penanda apakah telah terjadi pengenduran kekencangan mur rodanya.

Kendurnya mur roda bisa disebabkan pada saat pemasangan mur ke bautnya kondisi drat atau ulir nya tidak benar-benar bersih, sehingga saat kendaraan berjalan dan roda mengalami getaran berulang kali, telah mengakibatkan rontoknya debu di sela-sela ulir mur dan baut yang mengakibatkan kendurnya kekencangan mur dan bautnya.

Bisa juga saat pemasangannya mur sudah benar-benar kencang menyatu dengan baut, tapi akibat seringnya roda mengalami hentakan saat kendaraan berakselerasi dan mengerem, lama kelamaan juga mengakibatkan kendurnya kekencangan mur dengan baut.

Namun ada lagi problem lainnya untuk penggunaan bolt bushing pada velg dengan baut roda tertentu. Untuk baut roda type M-22 (bolt diameter 22 milimeter dan nut diameter 33 milimeter) memang tidak ada masalah ketika harus menggunakan bolt bushing pada lubang baut velg yang umumnya berdiameter 26 milimeter, karena ketebalan bolt bushing-nya sendiri memang sekitar 2 milimeter. Sedangkan untuk baut roda type M-24 ( bolt diameter 24 milimeter dan nut diameter 36 milimeter ) tidak mungkin bisa menggunakan bolt bushing, karena diameter lubang bautnya pun tetap sama, yaitu 26 milimeter.

Oleh

BAMBANG WIDJANARKO NOTONEGORO
Independent Tire & Rim Consultant
Wakil Ketua APTRINDO JATENG & DIY

Editor : Sigit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix