Test Drive Mitsubishi New Triton Ultimate AT 4x4

Melahap Tanjakan dengan New Triton semudah Memutar Tombol

05 / 02 / 2020 - in News

Mengeksplorasi keindahan alam Pulau Bali dengan kendaraan berkarakter tangguh, tentunya membawa sensasi dan kenikmatan tersendiri selama di perjalanan. Atas undangan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), TruckMagz berkesempatan menjajal performa New Triton sebagai salah satu model terbaru dari Mitsubishi Motors dalam kegiatan test drive bertajuk #AyoGasTerus Media Adventure 2020.

Dalam kesempatan ini, empat kendaraan terbaru Mitsubishi, yakni New Triton, Xpander Cross, Eclipse Cross, dan Outlander PHEV dijajal kemampuannya secara estafet oleh awak media. Test drive ini sendiri terbagi dalam tiga rute, yaitu  Surabaya-Banyuwangi (batch 1: 2-4/Feb), Pulau Bali (batch 2: 4-6/Feb), dan batch ketiga di Pulau Lombok (6-8/Feb). TruckMagz bersama 32 media lainnya mendapat jatah menjelajahi indahnya Pulau Bali di batch kedua

Start dimulai dari The Patra Bali Resorts di wilayah Kuta Selatan untuk menyusuri beberapa kawasan wanawisata di Pulau Dewata. Pada awal sesi perjalanan, kami langsung mengendarai New Triton dengan rute intercity menyusuri kepadatan lalu lintas jalan raya Tuban menuju kawasan pegunungan di daerah Buleleng. Jalur menuju kawasan tersebut memang sudah beraspal, namun tingkat elevasi yang tinggi dengan tikungan-tikungan ekstrem menjadikan kontur jalan lebih menantang adrenalin. Di saat inilah kesempatan mencoba langsung performa New Triton dengan segala fitur pendukung terutama di jalur ekstrem.

Begitu bertemu jalur menanjak cukup curam dengan badan jalan yang tidak terlalu lebar, mengharuskan pengemudi selalu aware dalam mengemudi mengingat jalanan ini melewati permukiman penduduk. Selain itu, performa kendaraan juga harus prima karena kontur jalan menanjak dengan tikungan curam hingga 180 derajat.

Tidak perlu waktu lama, kami bisa beradaptasi dengan cepat untuk mengendalikan laju New Triton ini. Pada awal bertemu jalanan menanjak, fitur 2H masih diandalkan mengingat sejak start lebih banyak mengakrabi jalanan perkotaan yang mendatar. Namun saat menghadapi jalan menanjak dengan tanjakan cukup curam ditambah tikungan curam, naluri mengemudi paham kondisi dan situasi pun muncul yang secara spontan jemari tangan kiri langsung memutar tombol pemindah mode 2H ke 4H.

Hal ini lantaran New Triton sudah dibekali fitur perpindahan sistem penggerak roda Super Select 4WD-II (hanya tersedia di varian Exceed MT 4×4 dan Ultimate AT 4×4/varian tertinggi), memudahkan pengemudi untuk mengubah mode penggerak roda dari 2WD (2H) ke 4WD (4H, 4HLc) dengan kemudahan berganti mode di bawah kecepatan 100 km/jam. Kami berpindah dari mode 2H ke 4H kala itu dengan speed sekitar 30 km/jam.

Crawling performance atau kemampuan kendaraan saat menanjak juga didukung mesin diesel berteknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system). Alhasil, kinerja New Triton terasa lebih mumpuni saat melahap tanjakan curam sekali pun. Mesin diesel MIVEC yang digendong New Triton tipe Ultimate AT 4×4 yang kami kendarai ini, mampu menghasilkan power maksimum 181 PS (178 dk) pada 3.500 rpm dan torsi maksimum 430 Nm pada 2.500 rpm. Torsi besar yang dimiliki New Triton ini cukup mengakomodir untuk melahap tanjakan curam. Namun yang mengherankan, tidak ada gejala slip roda sama sekali ketika menanjak dengan tikungan curam. Luar biasa.

New Triton

Pengalaman berkendara terutama saat menyusuri jalur menanjak dan sempit pun disempurnakan dengan meningkatkan aspek visibilitas New Triton, melalui pembaruan desain kap mesin dan wiper kaca depan. Hal ini membuat jarak pandang pengemudi tidak terganggu, dan memudahkan saat memantau kondisi di sekitar bonnet dan bagian depan kendaraan.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix