Masuk Tol Sekali Bayar di Jalur Tol Lintas Pulau Jawa

11 / 01 / 2016 - in News

Pemerintah Indonesia berencana akan mengoperasikan jalur tol lintas pulau Jawa (Trans-Jawa) di tahun 2019 nanti, dan pemerintah berniat terapkan sistem sekali bayar. Sayangnya, rencana ini sepertinya akan terkendala oleh pihak-pihak yang berbeda kepentingan.

Sebab masing-masing ruas tol memiliki investor berbeda. Anda akan mudah melihat plang nama berbeda di setiap ruas tol yang terdapat di pintu tol sepanjang pulau Jawa ini, sebagai penanda bahwa tol tersebut dikelola oleh investor yang berbeda.

Menurut Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), untuk menyelesaikan polemik yang diprediksi akan terjadi nanti pihaknya berencana membentuk induk usaha (holding company) Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Trans-Jawa.

“Masing-masing investor ruas tol tentu memiliki kepentingan‎ yang berbeda satu dengan lainnya. Menyatukannya pasti sulit karena kepentingan yang berbeda tadi. Kalau dijadikan satu holding seluruhnya, seharusnya koordinasi akan lebih mudah karena yang mengatur dari satu pihak,” kata Herry.

Langkah ini, menurut Herry, ditempuh untuk menanggulangi‎ kendala yang mungkin timbul akibat berbedanya kepentingan dan misi masing-masing investor termasuk pengelola jalan tol. Dan saat ini pemerintah sedang menyusun regulasinya, agar pintu antar tol dihapuskan dan pembayarannya hanya dilakukan satu kali ketika pengendara keluar jalan tol, di ruas mana pun.

Artinya, para pengusaha angkutan truk akan dibuat lebih ringkas dalam pengelolaan budget untuk jalan tol, khususnya jalur lintas Jawa.

Teks : Antonius S

Foto : Giovanni V



Sponsors

 

 

AFFA-logisticsphotocontest 

logo-chinatrucks300 327pix