Masih Minimnya Tenaga Kerja di Sektor Logistik dengan Sertifikasi Kompetensi

02 / 08 / 2020 - in Berita

Data Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menunjukkan jumlah tenaga kerja pada tahun 2018 yang telah tersertifikasi sangat sedikit, yaitu baru sebanyak 615.388 orang. Data tersebut berdasarkan sertifikasi kompetensi tenaga kerja pada 17 sektor menurut Badan Pusat Statistika (BPS).

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi menjelaskan, dengan mengacu data tersebut maka sektor dengan jumlah orang tersertifikasi paling banyak adalah sektor jasa lainnya sebanyak 95.010 orang. Diikuti industri pengolahan 84.537 orang, penyediaan akomodasi makan dan minum 78.684 orang, jasa pendidikan 73.611 orang, jasa keuangan dan asuransi 52.618 orang, serta jasa perusahaan sebanyak 44.877 orang.

Sementara jumlah tenaga kerja yang tersertifikasi di sektor transportasi dan pergudangan (logistik) sebanyak 7.794 orang. Menurut Setijadi, jika dibandingkan dengan sektor lain, jumlah tersebut merupakan salah satu dari lima sektor dengan jumlah sertifikasi paling sedikit.

Lima sektor yang dimaksud adalah sektor transportasi dan pergudangan (logistik); sektor administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (5.427 orang); pengadaan listrik dan gas (4.319 orang); pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah, dan daur ulang (1.615 orang), dan real estate (967 orang).

Setijadi mengatakan bahwa kondisi tersebut merupakan masalah serius karena sertifikasi merupakan salah satu tolok ukur untuk menjamin bahwa tujuan pembelajaran telah tercapai, membantu dalam perencanaan jenjang karir bagi tenaga kerja, dan membantu pengembangan evaluasi pembelajaran.

“Padahal UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa setiap tenaga kerja berhak memperoleh pengakuan kompetensi kerja setelah mengikuti pelatihan kerja yang diselenggarakan lembaga pelatihan kerja pemerintah, lembaga pelatihan kerja swasta, atau pelatihan di tempat kerja,” kata Setijadi dalam keterangan resminya, Minggu (2/8).

 

Editor: Antonius
Ilustrasi: Istimewa

 



Sponsors

 

 

 

logo-chinatrucks300 327pix