Maintenance Slack Adjuster

08 / 09 / 2021 - in Tips & Trik

Pada rem angin, slack adjuster adalah bagian terpenting dari sistem rem. Karena itu adalah komponen paling akhir dari rangkaian yang menghubungkan sistem pneumatik dan rem. Slack adjuster adalah tuas yang mengubah gaya dorong dari angin ke chamber, lalu diubah menjadi torsi yang menggerakkan brake camshaft dan akhirnya kendaraan berhenti.

Wahyu Suwarno Kepala Bengkel Rama Bangkit Jaya Krian menjelaskan, “Slack adjuster terdiri dari empat komponen dasar, yaitu body, worm, roda gigi dan sekrup adjuster. Sekrup adjuster berfungsi untuk menyesuaikan kencang atau kendurnya kampas rem. Slack adjuster memanfaatkan prinsip kerja ulir dan roda gigi. Pabrik memproduksi slack adjuster dengan berbagai ukuran panjang lengan dan konfigurasi lebar ulirnya.”

Slack adjuster bekerja dengan komponen lain pada sistem rem. Saat pedal rem diinjak, tekanan udara memberikan gaya dorong ke chamber dan pushroad untuk bergerak. Gaya ini menyebabkan gerakan rotasi slack adjuster, yang pada proses selanjutnya memutar camshaft. Ini yang menyebabkan “S” cam bergerak mengaktifkan kampas rem lalu bergesekan dengan tromol. Saat rem dilepaskan, tekanan udara akan keluar dari chamber. Pegas pada chamber meregang kembali dan kampas rem juga kembali seiring pegas mengembalikan “S” cam, camshaft, slack adjuster ke posisi semula.

Ada beberapa prosedur penyetelan slack adjuster. Wahyu menjelaskan dua metode paling sering digunakan. “Kedua metode pastinya diawali dengan memarkir kendaraan di lokasi yang memiliki permukaan rata dan solid, lalu dongkrak roda yang akan diservis. Setelah itu lepaskan dudukan rem,” jelasnya. Tahap pertama adalah pemeriksaan fungsi rem. Ada dua metode yang bisa digunakan, sebagai berikut.

  1. Metode konvensional

Periksa spesifikasi rem angin. Pastikan tekanan angin terukur 100 psi. Uji kontraksi pegas untuk menentukan seberapa besar interval kampas rem hingga menyentuh tromol.

  1. Metode alternatif

Periksa panjang lengan slack adjuster. Ukur perpanjangan pushrod secara manual dari kampas rem hingga menyentuh tromol, jika interval jarak terlalu panjang dari rekomendasi pabrikan, ini artinya rem perlu disetel ulang.

Penyetelan rem

  1. Metode konvensional

Dongkrak roda yang akan disetel hingga roda bisa berputar dengan tangan. Sambil memutar roda, putar sekrup slack adjuster hingga roda terasa mulai tertahan. Setelah itu kendurkan hingga putaran roda terasa bebas.

  1. Metode alternatif

Terlepas dari spesifikasi chamber atau panjang lengan slack adjuster, setel sekrup hingga secara manual kampas rem menyentuh tromol. Setelah disetel, periksa kekuatan daya henti rem dengan dengan memukul tromol menggunaka palu. Ketika kampas rem menjauh dari tromol dan terdengar bunyi gesekan, menandakan rem perlu disetel ulang hingga bunyi gesekan tidak terdengar.

Perawatan preventif

Semua jenis slack adjuster memerlukan perawatan yang sama setiap beberapa periode.  “Periksa tekanan angin dari pushrod setiap 12 ribu km. Pegerakan pegas harus sesingkat mungkin menggerakkan kampas rem tanpa ada ada bunyi gesekan. Periksa operasional slack adjuster setiap 800 ribu km dengan melumaskan grease pada komponen rem,” katanya.

  1. Lepaskan tutup karet dari lubang grease.
  2. Cari sisi mana dari slack adjuster yang bisa diakses untuk memasukkan grease. Gunakan grease gun untuk melumasi komponen.
  3. Pasang baut penyumbat di sisi lain cover.
  4. Masukkan grease secara perlahan hingga dorongan grease gun terasa mulai berat.

Tes fungsi rem

  1. Injak pedal rem dan periksa apakah slack adjuster berputar bebas.
  2. Lepaskan rem dan periksa kembali slack adjuster ke posisi semula tanpa terasa ada hambatan mekanisme.
  3. Ketika rem dilepaskan, periksa sudut yang dibentuk oleh lengan slack adjuster dan pengukur pushrod harus lebih besar daripada 90 derajat. Slack adjuster harus disetel pada sudut yang sama.
  4. Pada posisi mengerem, periksa sudut yang dibentuk oleh slack adjuster arm dan pengukur pushrod harus sedikit lebih besar daripada 90 derajat. Atur semua sudut slack adjuster pada ukuran yang sama.

 

Penggantian Slack Adjuster

Saat mengganti slack adjuster dengan tipe lain, perlu untuk mencocokkan torsi level dan panjang lengan, diameter yoke pin, dan lebar roda gigi. Jika memungkinkan perlu juga untuk memastikan jarak clearance antara posisi meregang dan posisi normal.

 

  1. Slack adjuster dengan mekanisme kunci dan cover.
  2. Lepaskan kuncian yang dikaitkan dengan cover.
  3. Lepas tutup seal.
  4. Sebelum melepas worm shaft, ukur panjang sekrup ke slack adjuster. Pengukuran ini penting untuk mengetahui referensi kedalaman ketika worm shaft dipasang kembali.
  5. Tekan worm shaft dengan menekan pada ujung yang berlawanan dengan sekrup adjuster.
  6. Lepaskan worm shaft, kuncian worm shaft, dan pegas pengunci worm shaft.
  7. Lepaskan worm dan roda gigi slack adjuster dari rangkaian slack adjuster.

 

  1. Slack adjuster dengan mekanisme kunci.
  2. Lepaskan cincin penahan yang dikaitkan dengan cover.
  3. Lepaskan sekrup yang mengunci worm.
  4. Tekan kuncian worm dan lepaskan mur pin-nya.
  5. Lepaskan kuncian worm dan pegas worm.
  6. Buka mur worm.
  7. Lepaskan worm shaft, kuncian worm dan roda gigi dari slack adjuster.
  8. Sebelum melepas worm shaft, ukur ketinggian dari atas sekrup ke slack adjuster. Pengukuran ini berguna untuk memasang kembali worm shaft.

 

Pembersihan dan Inspeksi

Cuci semua bagian dalam slack adjuster dan keringkan. Periksa bagian-bagian dan ganti bagian mana pun yang menunjukkan tanda-tanda keausan atau kerusakan.

 

  1. Slack adjuster dengan mekanisme kunci dan cover.
  2. Pasang worm dan roda gigi worm ke slack adjuster.
  3. Posisikan lalu tekan worm shaft dan kuncian worm shaft. Sisa bagian worm yang belum terlihat harus sejajar dengan pin slack adjuster. Pastikan ketika menekan worm shaft ke dalam, sudah mengetahui jarak antara bagian atas dari sekrup adjuster ke ujung worm.
  4. Pasang cover dan kuncian cover dengan perlahan.
  5. Pasang tutup seal baru.
  6. Lumasi dengan grease pada bagian yang bergesekan.

 

  1. Slack adjuster dengan mekanisme kunci.
  2. Tekan worm shaft ke dalam worm. Penanganan ini harus dilakukan secara perlahan untuk memastikan worm shaft tidak tergores ketika ditekan ke dalam.
  3. Pasang worm shaft, worm, dan roda gigi ke dalam slack adjuster.
  4. Pastikan saat menekan worm shaft ke dalam, mekanik sudah mengetahui jarak antara bagian atas sekrup adjuster dan ujung worm. Ini untuk mengonfirmasi bahwa pengaturan interval tidak ada yang berubah antara sebelum dan sesudah dibongkar.
  5. Pasang pin kuncian worm ke dalam mur worm.
  6. Putar mur worm ke dalam slack adjuster.
  7. Pasang kuncian worm dan pegas kuncian worm.
  8. Tekan kuncian worm dan pasang pin mur kuncian adjuster.
  9. Pasang sekrup adjuster pada mur worm.
  10. Pasang cover dan tutup mur lalu kunci dengan ring penahan.
  11. Lumasi slack adjuster pada bagian yang bergerak.

 

  1. Slack adjuster tanpa bandul pengunci.
  2. Pasang pegas plunger dan plunger.
  3. Pasang roda gigi slack adjuster.
  4. Jika worm sudah dilepas dari shaft, worm baru harus segera dipasang.
  5. Pasang worm dan shaft. Pastikan saat menekan worm shaft ke dalam, mekanik sudah mengetahui jarak antara bagian atas sekrup adjuster dan ujung worm. Ini untuk mengonfirmasi bahwa pengaturan interval tidak ada yang berubah antara sebelum dan sesudah dibongkar.
  6. Pasang cover dan ring penahan.
  7. Pasang kuncian pada mur worm dan kencangkan. Tekuk pada kedua ujung yang terlihat untuk menahan kawat terlepas.
  8. Pasang pegas plunger dan kuncian plunger.
  9. Pasang cam lock dan pin lock.
  10. Lumasi slack adjuster dengan grease.

 

  1. Slack adjuster dengan bandul pengunci.
  2. Pasang worm dan roda gigi worm ke slack adjuster.
  3. Tekan worm shaft ke dalam worm. Bandul dalam worm shaft harus disejajarkan dengan lubang kuncian. Pastikan saat menekan worm shaft ke dalam, mekanik sudah mengetahui jarak antara bagian atas sekrup adjuster dan ujung worm. Ini untuk mengonfirmasi bahwa pengaturan interval tidak ada yang berubah antara sebelum dan sesudah dibongkar.
  4. Pasang cover dan ring penahan.
  5. Pasang mekanisme kuncian, pegas, dan bandul. Putar sekrup untuk memberi ruang pada bandul sehingga sejajar dengan shaft. Periksa kekencangan sekrup adjuster untuk memastikan bandul sudah pada tempatnya.
  6. Sebelum memasang tutup seal, berikan sedikit lapisan grease pada bagian shaft. Akhiri dengan memasang tutup seal baru.
  7.  Lumasi slack adjuster pada bagian yang bergerak.

Editor : Sigit



Sponsors

logo-chinatrucks300 327pix