Kyokuto Truk Mixer Hasilkan Performa Tinggi

16 / 02 / 2015 - in Products
p_5

PT Kyokuto Indomobil Manufacturing Indonesia adalah sebuah perusahaan manufaktur bodi hasil joint venture antara Indomobil Group dan Kyokuto Kaihatsu Kogyo Co. Ltd. Perusahaan asal Jepang tersebut merupakan perusahaan karoseri truk yang berdiri sejak 1955 dan membuat beberapa produk seperti concrete mixer, water tank, cargo box, fuel tank, truk sampah, dan sebagainya.

Kehadiran mereka di Indonesia melengkapi kebutuhan peralatan pendukung industri. Pabrik baru yang berlokasi di Bukit Indah City, Purwakarta memproduksi dua tipe produk. Dump body dan concrete mixer, kedua produk ini banyak peminatnya terutama dari sektor tambang dan konstruksi.

Sebagian besar peralatan konstruksi mungkin mudah dimengerti. Misalnya crane yang berguna memindahkan barang naik dan turun. Dump truck berguna untuk memuat, memindahkan material kasar. Buldoser berfungsi untuk mendorong tumpukan material. Truk mixer adalah truk kontruksi yang sering kita lihat sama seringnya dengan dump truck. 
Truk yang membawa drum besar sebagai pengaduk ini memiliki peran penting dalam industri konstruksi sebagai mixer beton dan hadir dalam jenis, ukuran dan konfigurasi berdasar kebutuhan industri.

Prinsip Kerja Truk Mixer

Truk pengaduk bekerja dengan cara yang unik. Kombinasi menarik dari teknologi lama dan baru. Sebelum terlalu jauh kita kupas sedikit perbedaan antara beton dan semen. Ini mirip perbedaan antara tepung dan roti. Beton adalah istilah umum untuk campuran dalam beton seperti batu atau kerikil, air dan semen. Semen modern merupakan campuran kompleks dari mineral yang ditumbuk halus dan secara generik juga disebut portland. Beton dibuat dari tiga bahan utama tadi kemudian dimasukkan ke dalam mixer, mixer bergerak stasioner, selama dalam perjalanan air diserap oleh semen, yang kemudian mengikat material bersama-sama, terciptalah beton.

Semua jenis truk mixer memanfaatkan torsi dan distribusi berat untuk membawa beton ke tujuan. Sebagian besar truk mixer menggunakan metode adukan sederhana. Sebuah corong besar menempel pada drum yang berguna untuk menuang beton. Biasanya, sopir truk mengoperasikan mesin pengaduk dan mengatur corong. Tetapi banyak juga mixer yang digabungkan dengan lift hidrolik sehingga bisa menaikkan dan menurunkan, prinsip kerja yang sama dengan dump truck.

Kyokuto EA122-30W menggunakan PTO Engine yang memutar secara periodik drum yang berisi beton ke area kontruksi. Selama perjalanan drum tetap berputar pada rpm rendah untuk menjaga kualitas adukan beton. Salah satu keunggulan tipe ini adalah putaran drum tidak perlu sampai 16-17 rpm, Kyokuto Mixer hanya memerlukan 15 rpm atau bahkan 14 rpm saja. “Dengan rpm rendah saja produk kita bisa menghasilkan concrete yang bagus, rahasianya terletak pada desain pisau adukan di dalam drum,” papar Justinus Ade Sanjaya, Sales Operation Manager Kyokuto Indomobil Indonesia.

Sebagai pengguna, terdapat keuntungan menggunakan Kyokuto Mixer Truck. Pertama, desain Kyokuto Mixer Truck menggunakan teknologi Jepang (dengan desain yang telah dikenal lama dan berpengalaman lebih dari 40 tahun). Beberapa keunggulan desain ini adalah mempertahankan kualitas concrete. Bentuk pisau pengaduk yang berbeda membuat adukan semen menjadi berkualitas sehingga menghasilkan performa pengadukan yang tinggi, mencegah terpisahnya bagian-bagian adukan dan nilai slump tidak akan berubah.

Kedua, desain juga tahan lama. Material drum dan pisau menggunakan baja tahan aus dan korosi yang memungkinkan penggunaan dalam jangka waktu lama. Ketinggian subframe (162mm) lebih tinggi daripada mixer lain. Menjamin kekuatan dan ketahanan dalam menopang beban drum pada sasis truk.

Ketiga, mendukung efisiensi kerja operator. Desain drum dan pisau menghasilkan proses pembuangan concrete lebih stabil dan lancar karena tidak adanya getaran atau kejutan. Hopper (corong untuk memasukan material) berukuran besar menghasilkan kualitas charging yang tinggi dan efisien artinya material cepat masuk dalam drum tanpa tumpah. Tuas kontrol berada di sisi kiri dan kanan dengan sistem single lever operation yang memudahkan operator mixer sehingga performa kerja mesin yang prima.

Teks: Sigit Andriyono



Sponsors

NEW_327X300_

NEW_327X300_

web-banner-327x300 truck

logo-chinatrucks300 327pix