Kuzer Ditargetkan Jangka Panjang Kuasai Market Share 20%

19 / 03 / 2019 - in Berita

Setelah sukses mengantarkan Quester masuk tiga besar di pasar kendaraan komersial Indonesia kategori heavy-duty truck dengan total wholesales sebanyak 3.224 unit atau 10,8 persen pada tahun 2018, UD Trucks Indonesia melalui Astra UD Trucks selaku distributor resminya di segmen on road mulai melakukan penetrasi di segmen pasar light-duty truck dengan varian Kuzer sebagai andalannya.

Varian Kuzer merupakan line up terbaru yang melengkapi portofolio dari Astra UD Trucks, yang sebelumnya fokus bermain di kategori medium-duty truck dan kategori heavy-duty truck. Melalui kehadiran produk baru ini, Astra UD Trucks secara eksplisit menyatakan kesiapannya untuk bertarung dalam pasar kendaraan komersial segmen light-duty truck.

Tentunya payload menjadi fokus perhatian mengingat karakteristik pasar Indonesia yang masih mengandalkan truk dengan kemampuan payload maksimal. Hal ini pun berkaitan dengan dimensi kendaraan dan kargonya.

“Kalau kami bedah lagi berdasarkan kebutuhan market Indonesia untuk kategori light truck, pasar yang paling ramai justru di wheelbase 3,8 meter dan wheelbase 3,3-3,4 meter. Jadi kami memulainya dari varian dengan dua wheelbase itu terlebih dulu,” kata Hendro Priyo Purnomo, Kepala Wilayah IBB, Astra UD Trucks saat acara Media Gathering dan Test Drive Kuzer di markas Astra UD Trucks Sunter, Jakarta Utara, Selasa (19/03/2019).

Hendro menjelaskan bahwa Kuzer unggul dari segi lebar boks yang hampir mencapai 2,3 meter sesuai dengan regulasi. “Otomatis kalau 2,3 meter dikali 2,3 meter dengan panjang 4,3 meter maka ketemunya di angka sekitar 22-23 kubik, itu untuk varian Kuzer yang wheelbase pendek (RKE 150 WB 3350). Sedangkan untuk varian dengan wheelbase panjang (RKE 150 WB 3850) volumenya lebih kurang di angka 27 kubik. Kalau dikomparasi dengan kompetitor sekelas, secara kubikasi Kuzer lebih unggul 10-15 persen,” ungkapnya.

Saat ini Astra UD Trucks memulai penjualan Kuzer dengan model enam roda terlebih dulu, karena berdasarkan pasar light truck Indonesia, total penjualan truk kategori 2 pada tahun 2018 mencapai 58.300 unit yang 80 persennya adalah kategori light truck enam roda. “Jadi menurut kami model enam roda yang paling besar,” imbuh Hendro.

Terkait pemasaran Kuzer, Hendro mengatakan saat ini pihaknya masih berfokus menjajakannya untuk kalangan existing customer UD Trucks terlebih dulu. “Rencana jangka panjangnya otomatis kami akan masuk ke customer kompetitor, karena kami juga ingin meng-copy paste strategi yang diterapkan Quester untuk masuk ke market Indonesia. Target penjualan Kuzer, keinginan kami untuk jangka panjangnya bisa mencapai market share sebesar 20 persen,” ujarnya.

Brand Manager Kuzer, Astra UD Trucks, Budi Rudianto mengatakan, untuk penjualan Kuzer, Astra UD Trucks menyiapkan unit ready to use. “Artinya unit yang dijual sudah termasuk karoseri sehingga customer dapat langsung menggunakan unitnya untuk bekerja. Adapun aplikasi karoseri yang sudah tersedia saat ini adalah tipe boks aluminium dan loss bak,” katanya.

 

Editor: Antonius
Foto: Anton

 

 

 



Related Articles

Sponsors

 

 

logo-chinatrucks300 327pix